Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah (Penelitian Quasi Experiment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X (Sepuluh) Di Sma Karya Budi)

Nurhalimah, Siti (2017) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Resitasi Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Pada Materi Meneladani Perjuangan Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah (Penelitian Quasi Experiment Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X (Sepuluh) Di Sma Karya Budi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (455kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yang lebih cenderung berpusat pada guru. Dalam proses belajar mengajar, hendaknya guru dan peserta didik terlibat dalam sebuat interaksi dengan bahan pelajaran sebagai objeknya, dalam interaksi ini peserta didik yang seharusnya lebih aktif sedangkan guru hanya menjadi motivator dan fasilitator bagi peserta didik. Metode pembelajaran yang berpusat pada siswa yang membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran, diantaranya metode resitasi dan metode problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode resitasi dan metode problem solving pada mater meneladani perjuangan dakwah Rasulullah SAW di Madinah, perbandingan hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi dan metode problem solving. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa salah satu yang dapat mempengaruhi hasil belajar adalah metode yang digunkan oleh pendidik saat pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan hendaknya dapat memberikan hasil yang baik, efisien dan efektif. Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan dan minat peserta didik dalam belajar serta sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Objek digunakan adalah 2 kelas yaitu kelas X IIS 1 dan kelas X IIS 3 sebanyak 56 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini yakni kualitatif dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka sedangkan kuantitatif dengan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbandingan hasil belajar kelas yang menggunakan metode resitasi memiliki nilai N-gain 0.4 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas yang menggunakan metode problem solvingmemiliki nilai N-gain 0.5 dengan kriteria sedang, disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara menggunakan metode resitasi dan metode problem solving tetapi tidak signifikan karena dilihat pada nilai n-gain masih terdapat pada kurva yang sama antara 0.4 dan 0.5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perbandingan;belajar siswa;metode solving
Subjects: Islam > Islam and Secular Disciplines
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:51
Last Modified: 08 Dec 2023 07:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73739

Actions (login required)

View Item View Item