Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada keluarga dalam film Children of Heaven karya Majid Majidi : Analisis ilmu Pendidikan Islam

Jamilah, Nurul (2023) Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada keluarga dalam film Children of Heaven karya Majid Majidi : Analisis ilmu Pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga adalah pendidikan pertama dan utama, yang berlangsung dalam keluarga agar meningkatkan kualitas anak dengan menanamkan nilai-nilai yang baik dan akhlak yang mulia. Saat ini sebagian orang tua cenderung kurang memperhatikan Pendidikan Islam dalam keluarga. Salah satunya kurang pengawasan dalam menonton film yang kurang mendidik seperti film porno, action, dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan banyak orang tua sibuk dengan pekerjaan mereka diluar rumah. Dengan demikian, orang tua tidak lagi terlibat secara aktif dalam memastikan apakah anak benar-benar belajar dan mengamalkan ajaran agama dengan baik atau tidak. Sekarang ini sudah banyak film-film yang mengandung unsur pendidikan, seperti film Children Of Heaven. Film Children Of Heaven merupakan film serial keluarga yang penuh makna pendidikan keluarga yang Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam pada keluarga dalam film Children Of Heaven karya Majid Majidi. 2) Implementasi nilai pendidikan agama Islam pada keluarga dalam film Children Of Heaven karya Majid Majidi. 3) Faktor yang mempengaruhi nilai pendidikan agama Islam pada keluarga dalam film Children Of Heaven karya Majid Majidi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian content analysis. Sumber data yang digunakan yani sumber data primer (film) dan sekunder (novel yang diadaptasi dari film, buku, jurnal serta sumber literatur lainnya). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa dokumen, karena dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis Hermeneutika. Hasil penelitian skripsi ini yaitu: (1) Nilai pendidikan agama islam dalam aspek akidah (beristighfar, mempercayai kekuasaan Allah, keyakinan pengetahuan diri Rasulullah, ikhtiar dan tawakal), dalam aspek ibadah (shalat dan wudhu, menuntut ilmu), dalam aspek akhlak (kesabaran dan tanggung jawab, mentaati amanah, keikhlasan dan ketabahan, birrul walidain, kasih sayang kepada tetangga, motivasi untuk mengubah keadaan yang lebih baik, dan optimis). (2) Implementasi Nilai Pendidikan Agama Islam pada Keluarga dalam film Children Of Heaven yaitu: tujuan, peran pendidik, materi, metode, evaluasi. (3) Faktor yang mempengaruhi nilai pendidikan Agama Islam pada Keluarga dalam film Children Of Heaven, yaitu: faktor internal (orang tua), faktor eksternal (lingkungan masyarakat).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Film; Children Of Heaven
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Jamilah
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:12
Last Modified: 31 Aug 2023 06:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73742

Actions (login required)

View Item View Item