Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Study di PT.ANTAM Tbk. (periode 2013-2022 )

Adi, Rizky Purnama (2023) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Study di PT.ANTAM Tbk. (periode 2013-2022 ). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan investasi saat ini sangat diminati oleh masyarakat luas, terlebih saham, yang memiliki resiko yang cukup rendah, dan juga terbukti dapat mendapatkan keuntungan. Perusahaan yang memiliki nilai bagus dimata masyarakat,akan menjadi pertimbangan untuk menginvestasikan asset nya. Return On Assets membandingkan antara laba bersih dan total asset.. Rasio profitabilitas yang membandingkan laba bersih dan total penjualan, dimana hasil dari perbandingan terebut akan menunjukan seproduktif apa perusahaan tersebut dalam menghasilkan laba dari penjualan nya disebut Net Profit Margin. Harga Saham sendiri ialah pembagian antara modal perusahaan dan jumlah saham yang diterbitkan. Penelitian ini mempunyai kerangka berfikir yang menggambarkan keadaan saling mempengaruhi antara variable Return On Assets dan Net Profit Margin, terhadap Harga Saham. Apabila Return On Assets mengalami peningkatan , maka Harga Saham pun mengalami peningkatan, begitupula dengan Net Profit Margin ,Apabila NPM naik , Maka Harga Saham mengalami kenaikan juga. Namun Harga Saham pun juga dapat dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh Return On Assets terhadap Harga Saham secara parsial pada perusahaan ANTAM periode 2013-2022, Net Profit Margin terhadap Harga Saham secara parsial pada perusahaan ANTAM periode 2013-2022 dan pengaruh Return On Assets dan Net Profit Margin terhadap Harga Saham secara simultan pada Perusahaan ANTAM periode 2013-2022. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Data pada penelitian ini menggunakan data sekunder dengan kurun waktu 10 tahun yang sering disebut Time series. Data diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh situs web resmi dari perusahaannya. Analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Uji Asosiatif, dan Analisis Uji Hipotesis dengan menggunakan SPSS For Windows Version 25.0. Penelitian ini membuahkan hasil yaitu secara parsial Return On Assets tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,8%. Begitu juga dengan Net Profit Margin secara parsial tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,8%.secara simultan Return On Assets dan Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 9,0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets; Net Profit Margin; Harga Saham
Subjects: Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: rizky purnama adi adi
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:00
Last Modified: 22 Aug 2023 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73763

Actions (login required)

View Item View Item