Peran guru Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti (PAIBP) dalam upaya menciptakan budaya religius siswa di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung : Penelitian di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Nabila, Zahra Yasmin (2023) Peran guru Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti (PAIBP) dalam upaya menciptakan budaya religius siswa di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung : Penelitian di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang muncul akibat kemajuan zaman dengan menekankan pentingnya kehadiran budaya religius dalam konteks lembaga pendidikan. Fokusnya adalah pada implementasi nilai-nilai ke-Islaman yang diciptakan oleh guru PAIBP, dan diterapkan kepada siswa sebagai landasan untuk menghadapi dan mengatasi dampak negatif yang dapat timbul. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan dari: 1) Bagaimana wujud budaya religius di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung, 2) Bagaimana peran guru PAIBP dalam upaya menciptakan budaya religius di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung, 3) Bagaimana dampak budaya religius bagi siswa di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Data yang dianalisis diperoleh melalui penggunaan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data berasal dari proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan tahap menarik kesimpulan. Dalam era globalisasi, dampak negatif seperti materialisme, hedonisme, dan konsumerisme yang merebak luas pada kalangan masyarakat, juga turut mempengaruhi kehidupan siswa. Pemahaman agama yang keliru dan rendah menyebabkan kemerosotan akhlak. Lembaga pendidikan perlu mengembangkan program pengembangan moral dan karakter religius. Budaya religius di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk moral, etika, dan identitas diri siswa berdasarkan nilai Islam. Guru PAIBP berperan penting dalam mengajarkan budaya religius dengan baik. Implementasi budaya religius berpotensi menghasilkan perkembangan karakter dan dampak positif bagi siswa secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Wujud budaya religius yang terdapat di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung dapat dikelompokkan ke dalam tiga bentuk seperti budaya religius harian, budaya religius mingguan, dan budaya religius tahunan yang terlaksana secara terstruktur, 2) Peran guru PAIBP dalam upaya menciptakan budaya religus di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung bertindak sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan evaluator, 3) Dampak budaya religius bagi siswa di SMP Negeri 1 Cileunyi Kabupaten Bandung, terlihat dari adanya perubahan yang signifikan terkait pemahaman kognitif siswa terhadap pengetahuan keagamaannya. Serta perbaikan karakteristik siswa, untuk selalu berperilaku sesuai pedoman dan nilai Islam dalam kegiatan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Guru PAIBP; Budaya Religius di Sekolah
Subjects: Religious Experiences
Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zahra Yasmin Nabila
Date Deposited: 21 Aug 2023 00:52
Last Modified: 21 Aug 2023 00:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73767

Actions (login required)

View Item View Item