Prestasi kognitif siswa mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung : Studi banding antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP tahun ajaran 2022/2023

Asyfia, Saffina Hasna (2023) Prestasi kognitif siswa mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung : Studi banding antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP tahun ajaran 2022/2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (748kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari ketertarikan penulis terhadap lembaga pendidikan formal MAN 2 Kota Bandung yang terbagi menjadi dua kelompok peserta didik, yaitu siswa yang berasal dari MTs dan siswa yang berasal dari SMP, dimana keduanya terdapat perbedaan antar susunan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan laporan dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak, pada kenyataannya siswa yang berasal dari MTs terlihat lebih menonjol dalam segi aktivitasnya bila dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SMP. Adanya perbandingan tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: (1) realitas prestasi kognitif siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung yang berasal dari MTs dalam mata pelajaran Akidah Akhlak; (2) realitas prestasi kognitif siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung yang berasal dari SMP dalam mata pelajaran Akidah Akhlak; (3) perbandingan prestasi kognitif siswa kelas XI MAN 2 Kota Bandung antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP dalam mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa prestasi kognitif siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari dalam diri siswa dan faktor dari luar diri siswa. Dengan membatasi kasus yang terjadi di MAN 2 Kota Bandung, maka diajukan hipotesis “terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi kognitif siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Bandung”. Pendekatan penelitian ini bersifat kuantitatif yang berpola deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode komparasi. Alat pengumpul data berupa tes, observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis komparatif dan menguji hipotesis dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data maka diketahui: (1) realitas prestasi kognitif siswa yang berasal dari MTs ditunjukkan dengan nilai rata-rata 64,14 yang berada pada kelas interval 60-69 dengan predikat cukup; (2) realitas prestasi kognitif siswa yang berasal dari SMP ditunjukkan dengan nilai rata-rata 63,02 yang berada pada kelas interval 60-69 dengan predikat cukup; (3) Perbandingan prestasi kognitif antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP dalam mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 2 Kota Bandung tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan uji t yaitu membandingkan thitung dan ttabel dengan signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan yang telah diperoleh, nilai thitung = 0,16 ≤ nilai ttabel = 2,01. Maka Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif tidak terbukti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komparasi; Prestasi Kognitif; Akidah Akhlak
Subjects: Islam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saffina Hasna Asyfia
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:55
Last Modified: 21 Aug 2023 01:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73776

Actions (login required)

View Item View Item