Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak hubungannya dengan Akhlak mereka kepada Orang Tua : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung

Fauziah, Putri Okta (2023) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran Akidah Akhlak hubungannya dengan Akhlak mereka kepada Orang Tua : Penelitian terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu berdasarkan studi pendahuluan bahwa pembelajaran akidah akhlak begitu penting diajarkan kepada siswa karena dengan belajar akidah akhlak siswa dapat menjadi orang yang baik, jujur, mempunyai sopan santun, hormat kepada kedua orang tua, guru, menghargai orang lain dan yang paling utama beriman dan berakhlak mulia kepada Allah Swt. Pembelajaran akidah akhlak mendapat tanggapan yang cukup positif dari siswa, namun disisi lain masih banyak akhlak mereka yang kurang baik kepada orang tua. Hal itu menunjukan adanya permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa kelas VIII di MTs Al-Misbah terhadap pembelajaran akidah akhlak, 2) Akhlak siswa kelas VIII di MTs Al-Misbah kepada orang tua, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka kepada orang tua. Penelitian ini sesuai dari kajian teoretis yang menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak kepada orang tua diantaranya pembelajaran akidah akhlak terhadap teori-teori atau materi yang berhubungan dengan akhlak. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka kepada orang tua. Artinya semakin baik tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak maka semakin baik pula akhlak siswa begitu juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Responden berjumlah 62 siswa kelas VIII MTs Al-Misbah. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis datanya menggunakan analisis parsial, uji normalitas dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak berkategori baik dengan perolehan skor 3,87 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 2) Realitas akhlak siswa kepada orang tua berkategori baik dengan perolehan skor 4,16 yang berada pada interval 3.40 – 4.19. 3) Realitas hubungan tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak (Variabel X) dengan akhlak mereka kepada orang tua (Variabel Y) berkategori sedang dengan koefesien korelasi sebesar 0,451 yang berada pada interval 0,40 – 0,599. Adapun hasil uji signifikansi korelasi menunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (3,910 > 2,001). Berdasarkan pengujian ini Ha diterima dan Ho ditolak. besarnya pengaruh variabel X terhadap pengaruh variabel Y yaitu 52% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima yaitu terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan akhlak mereka kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah AKhlak; Akhlak kepada Orang Tua
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Okta Fauziah
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:20
Last Modified: 21 Aug 2023 02:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73778

Actions (login required)

View Item View Item