pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional di pt bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Baiturrida Pusaka

Renzani, Nuni (2017) pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional di pt bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) Baiturrida Pusaka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nuni Renzani : Pengaruh Jumlah Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah Terhadap Pendapatan Operasional di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Baiturrdha Pusaka. Pembiayaan merupakan aktivitas yang sangat penting karena dengan pembiayaan akan diperoleh sumber pendapatan utama dan menjadi penunjang kelangsungan usaha bank. Banyaknya produk yang diterbitkan dengan menggunakan akad mudharabah dan murabahah dengan prinsip bagi hasil/margin di harapkan mampu menarik nasabah untuk memanfaatkan adanya perbankan syariah sehingga mempermudah memenuhi kebutuhan nasabah. Karena kepuasan nasabah yang diwujudkan dengan pemberian pelayanan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, maka akan sangat menguntungkan kedua belah pihak khususnya bagi pihak bank untuk meningkatkan jumlah nasabah dan secara tidak langsung akan meningkatkan perolehan keuntungan bank. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui (1) pengaruh jumlah pembiayaan mudharabah terhadap pendapatan operasional secara parsial (2) Mengetahui pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional secara parsial (3) Mengetahui pembiayaan mudharabah dan pembiayaan murabahah terhadap pendapatan operasional secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, metode analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji f, untuk pengolahan data digunakan program SPSS V.16 dan Microsoft Excel 2007 sebagai alat bantu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diolah dari laporan keuangan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Baiturridha.Hasil penelitian secara simultan ketiga variabel yaitu Jumlah Pembiayaan Mudharabah (X1) dan Pembiayaan Murabahah (X2) terhadap Pendapatan Operasional (Y). fhitung tingkat signifikan (α) = 0,006 % df= 16-2= 14 sehingga di peroleh nilai ftabel sebesar 3,81. Hasil yang diperoleh dari pengujian uji f SPSS sebesar 7,825 dengan nilai signifikan 0,006. Hal ini memenuhi syarat fhitung>ftabel (7,825 >3,81) dengan nilai signifikan 0,006%. Dapat disimpulkan bahwa Ha di terima Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Jumlah Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Murabahah terhadap Pendapatan Operasional di PT Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Baiturridha Pusaka. Kata kunci: Pembiayaan Mudharabah, Murabahah, Pendapatan Operasional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembiayaan mudharabah,pembiayaan murabahah,pembiayaan rakyat syariah
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:39
Last Modified: 22 Nov 2023 07:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73870

Actions (login required)

View Item View Item