Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe think write pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan di Kelas V MI Husainiyah Kabupaten Bandung)

Dewi Komalasari, Ratna (2017) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa melalui model pembelajaran cooperative learning tipe think write pada mata pelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Menghargai Jasa dan Peranan Tokoh dalam Memproklamasikan Kemerdekaan di Kelas V MI Husainiyah Kabupaten Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftar pustaka.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan pada pembelajaran IPS di MI Husainiyah Kabupaten Bandung bahwa kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode dan media yang kurang menarik, yaitu masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan media buku paket saja, sehingga mengakibatkan pasifnya aktivitas peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model cooperative learning tipe Think Talk Write pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan di kelas V MI Husainiyah Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan dalam kajian teoritis yang menyatakan bahwa aktivitas yang dapat dilakukan untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi peserta didik adalah dengan penerapan pembelajaran model cooperative learning tipe Think Talk Write yang dirancang agar siswa mampu mengasah keterampilannya dalam berpikir (think), memecahkan masalah dengan cara berdiskusi (talk), serta menuangkannya dalam sebuah tulisan (write) sehingga model cooperative learning tipe Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen lembar observasi aktivitas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas V MI Husainiyah Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebelum penerapan model cooperative learning tipe Think Talk Write hanya mencapai 36,3% dengan kategori kurang aktif. Proses pembelajaran setelah penerapan model cooperative learning tipe Think Talk Write aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 69,5% dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa adalah 85,6% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 77,5% dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas guru adalah 97,5% dengan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan dikelas V MI Husainiyah Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar,cooperative learning tipe think write,Jasa dan Peranan Tokoh
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:27
Last Modified: 11 Dec 2023 08:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73897

Actions (login required)

View Item View Item