Kearifan lokal mpotivsi kerja dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat (Studi deskriptif di Desa Kertamandala Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis)

Fitri, Fitri (2016) Kearifan lokal mpotivsi kerja dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat (Studi deskriptif di Desa Kertamandala Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

Masyarakat Desa Kertamandala merupakan sebuah cermin Masyarakat yang mampu mempertahankan kearifan lokal dalam motivasi kerja. Yang menjadikan mereka sukses atau sejahtera dalam bidang ekonominya yaitu dengan tipe- tipe orang yang sangat pekerja keras, kreatif, motivasi, yakin, bekerjasa sama dengan orang lain, penampilan yang baik pandai membuat keputusan, pandai berkomunikasi, mau menambah ilmu pengetahuan, dan berserah diri kepada Allah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kearifan lokal motivasikerja di Desa Kertamandala Kecamatan Panjalu sebagai daya tarik masyarakat luas baik lokal maupun mancannegara serta mengetahui strategi dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan perubahan kondisi ekonomi masyarakat dari kearifan lokal motivasi kerja tersebut. Kearifan lokalsecara teoritis yaitu kebenaran yang telah mentradisi atau ajeg dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai- nilai suci firman Tuhan dan berbagai nilai yang ada. Kearifan lokal terbentuk sebagai keunggulan budaya masyarakat setempat maupun kondisi geografis dalam arti luas. Kearifan lokal merupakan produk buadaya masa lalu yang patut secara terus- menerus dijadikan pegangan hidup. Meskipun bernilai lokal tetap nilai yang terkandung didalamnya dianggap sangat universal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologis dan sosiologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Adapun analisis data dalam penelitian ini penulis menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyrakat Islam (PMI). Hasil penelitian menunjukan bahwa kearifan lokal motivasi ketja di Desa Kertamandala Kecamatan Panjalu memberikan hasil yang signifikan dan bernilai positif. Kesejahteraan ekonomi masyarakat wilayah setempat dinilai berhasil dan sukses. Melalui kearifan lokal yang tidak hanya terfokus pada bidang budaya, tetapi juga yang berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia. Sehingga kearifan lokal motivasi kerja memberikan pengaruh besar terhadap perubahan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Secara umum penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kearifan lokal dapat memotivasi kerja masyarakat Kertamandala untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan indikator jumlah dan pemeratan pendapat, pendidikan yang semakin mudah untuk dijangkau, dan kualitas kesehatan yang semakin meningkat dan merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:36
Last Modified: 29 Dec 2023 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73901

Actions (login required)

View Item View Item