Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli makanan dengan sistem prasmanan : Studi kasus di rumah makan kantin Jatinangor kabupaten Sumedang

Handayani, Tita (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli makanan dengan sistem prasmanan : Studi kasus di rumah makan kantin Jatinangor kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli makanan dengan menggunakan sistem prasmanan harus dilakukan sesuai dengan prinsip syariah agar menciptakan keadilan dan kemaslahatan bagi para pembeli. Adanya ketidakjelasan mengenai pencantuman harga yang tidak ada pada setiap menu makanannya dan penentuan harga yang dilakukan hanya satu pihak menjadi permasalahan dalam jual beli makanan ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan jual beli makanan dengan sistem prasmanan di rumah makan kantin Jatinangor. (2) Mengetahui bagaimana hukum jual beli terhadap pelaksanaan jual beli makanan dengan sistem prasmanan di rumah makan kantin Jatinangor persfektif Hukum Ekonomi Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus yang meneliti suatu kasus atau fenomena tertentu yang ada dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam untuk mempelajari latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi dengan penelitian secara langsung dari lapangan yang sasarannya yaitu jual beli makanan dengan sistem prasmanan di rumah makan Kantin Jatinangor. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara. Hasil wawancara ini menjadi data utama yang digunakan dalam penelitian yang kemudian dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu mengumpulkan data, membersihkan data dan menganalisis data di lapangan yang nantinya akan ditarik kesimpulan serta hasilnya dikembangkan dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan jual beli makanan dengan menggunakan sistem prasmanan di rumah makan kantin Jatinangor ini sudah dilakukan sesuai dengan syariah Islam, dimana dalam kegiatan jual beli makanan dengan sistem prasmanan ini merupakan suatu realisasi dari kegiatan ta’awun atau saling tolong-menolong antar sesama manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (2) Dilihat dari tinjauan Hukum Ekonomi Syariah, jual beli makanan dengan sistem prasmanan di rumah makan kantin Jatinangor ini mengandung unsur gharar karena terdapat ketidakjelasan dalam penentuan harga secara sepihak serta tidak adanya pencantuman harga pada setiap menu makanannya. Namun jual beli makanan ini dikategorikan dalam gharar yatsir yang diperbolehkan. Jual beli makanan ini dilakukan atas dasar suka sama suka dan sudah dianggap menjadi suatu kebiasaan atau adat (‘urf) di kalangan masyarakat. Meskipun terdapat kekurangan yang dapat menimbulkan kekecewaan terhadap pembeli, namun sudah menjadi hal yang wajar sehingga menjadi suatu kebiasaan (‘urf shahih) yang tidak bertentangan dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Makanan; Jual Beli Sistem Prasmanan; Harga; Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Commerce, Trade
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Tita Handayani
Date Deposited: 23 Aug 2023 00:53
Last Modified: 23 Aug 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73919

Actions (login required)

View Item View Item