Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap pelaksanaan pembiayaan linkage program menggunakan pola executing di bank syari'ah mandiri cabang Cianjur

Mayanti, Asti Eka Aris (2017) Tinjauan hukum ekonomi syari'ah terhadap pelaksanaan pembiayaan linkage program menggunakan pola executing di bank syari'ah mandiri cabang Cianjur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Salah satu program penyaluran dana di Bank Syariah Mandiri Cabang Cianjur yaitu pembiayaan linkage program yang disalurkan kepada Lembaga Keuangan Mikro/Syariah untuk disalurkan kembali kepada end user/nasabah dari LKM/S tersebut. Linkage program yang sering digunakan oleh pihak Bank Syariah Mandiri Cabang Cianjur yaitu pola executing di mana hanya pihak Bank dan LKM/S yang melakukan perjanjian pembiayaan, akad yang digunakan adalah musyarakah dengan prinsip bagi hasil dan setiap bulannya pihak nasabah (LKM/S) memberikan uang pokok serta bagi hasil yang telah ditetapkan di awal akad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan akad musyarakah pada pembiayaan linkage program menggunakan pola executing i Bank Syariah Mandiri Cabang Cianjur dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap mekanisme bagi hasil pada pelaksanaan pembiayaan linkage program menggunakan pola executing di Bank Syariah Mandiri Cabang Cianjur. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa musyarakah merupakan kontrak perniagaan yang tidak memberikan kepastian pendapatan sehingga apabila keuntungannya sudah ditentukan diawal padahal usaha tersebut belum berjalan berarti mengubah hal yang seharusnya tidak pasti menjadi suatu hal yang pasti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu metode untuk mendeskripsikan mengenai permasalahan yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Kemudian data tersebut dipelajari, dikelompokkan, dianalisis, dan kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiayaan linkage program dengan pola executing di Bank Syariah Mandiri Cabang Cianjur menggunakan akad musyarakah dengan prinsip bagi hasil. Dalam perhitungannya, pihak bank menentukan terlebih dulu proyeksi keuntungan yang akan diterima oleh bank dari total pembiayaan selama pembiayaan berjalan, padahal usaha tersebut belum berlangsung dan ada kemungkinan untung/rugi serta nasabah mengangsur dengan jumlah tetap setiap bulannya. Penentuan keuntungan ini belum sepenuhnya sesuai dengan Fatwa DSN MUI No. 08/DSN-MUI/IV/2000 pasal 3 poin c tentang pembagian keuntungan. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dari masyarakat serta keefisienan operasional di Bank, mekanisme pembiayaan linkage program dengan pola executing ini diperbolehkan sesuai dengan Fatwa DSN MUI No. 87/DSN-MUI/XII/2012 tentang Metode Perataan Penghasilan (Income Smoothing) Dana Pihak Ketiga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:10
Last Modified: 29 Dec 2023 06:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73924

Actions (login required)

View Item View Item