Pengaruh pola asuh orang tua dan peran teman sebaya Terhadap kecerdasan emosional siswa man ciparay

Inayah, Nurul (2016) Pengaruh pola asuh orang tua dan peran teman sebaya Terhadap kecerdasan emosional siswa man ciparay. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Sebagian remaja saat ini kurang mampu dalam mengendalikan amarahnya. Ketika remaja mengalami pikiran emosional, remaja cenderung mengesampingkan pikiran rasionalnya. Maka sangat diharapkan dengan kecerdasan emosional remaja dapat mengontrol pikiran emosionalnya dan melakukan banyak pertimbangan dengan pikiran rasionalnya dengan tujuan agar dapat memahami perasaannya dan dapat membina hubungan baik dengan orang lain. Pembentukan kecerdasan emosional pada remaja tidak akan terlepas ari bermacam-macam pengaruh seperti pengaruh lingkungan keluarga, maupun lingkungan non keluarga seperti lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidikan. Di lingkungan keluarga terutama kedua orang tuanya dan di lingkungan non keluarga terutama adalah teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan peran teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN Ciparay Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional yang bersifat kausalitas. Subjek penelitian berjumlah 157 siswa yaitu siswa-siswi kelas XI MAN Ciparay yang tinggal bersama orang tua sejak lahir. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan peran teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa MAN Ciparay. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan alat ukur hasil adaptasi dan modifikasi yaitu alat ukur atau skala pola asuh orang tua, peran teman sebaya dan kecerdasan emosional yang berdasarkan konsep dari Diana Baumrind, David Shaffer dan Daniel Goleman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan teknik analisis data diperoleh hasil pola asuh orang tua dan peran teman sebaya secara signifikan berpengaruh positif terhadap kecerdasan emosi. Pola asuh orang tua dan peran teman sebaya mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 37,9%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua;peran teman sebaya;kecerdasan emosional
Subjects: Applied Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 24 Nov 2023 02:57
Last Modified: 24 Nov 2023 02:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73939

Actions (login required)

View Item View Item