Pengaruh pengelolaan bank sampah terhadap kesejahteraan anggota bank sampah (Kajian di Kelompok Wargi Manglayang, Palasari, Cibiru, Kota Bandung)

Murniati, Fahmadian (2016) Pengaruh pengelolaan bank sampah terhadap kesejahteraan anggota bank sampah (Kajian di Kelompok Wargi Manglayang, Palasari, Cibiru, Kota Bandung). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Pratek bank sampah ini banyak digunakan sebagai tempat menabung masyarakat. Sampah anorganik seperti kertas, plastik, logam, kayu, dan sebagainya disetorkan oleh warga dan dikonversi dengan sejumlah uang. Berapapun hasilnya akan dicatat dibuku tabungan yang dimiliki oleh setiap Warga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan bank sampah terhadap kesejahteraan anggota bank sampah di Kelompok Wargi Manglayang. Peneliti menggunakan teori strukturasi pada peranan bank sampah dari Giddens. Menurut Giddens, struktur merupakan “sarana sekaligus hasil dari Pratik-pratik yang membentuk sistem sosial”. Jadi bisa dikatakan bahwa”Struktur membentuk Pratik-pratik masyarakat, tetapi Pratik-pratik masyarakat juga membentuk (dan mereproduksi) struktur dari Hermawati (2014). Metode penelitian menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif, jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar ke 57 responden dengan menggunakan teknik sampel sampling. Untuk menentukan seberapa besar pengaruh pengelolaan bank sampah terhadap kesejahteraan anggota bank sampah menggunakan uji-t dengan program SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan pengelolaan data angket mengenai pengelolaan bank sampah memperoleh skor sebesar 2015 yang terletak antara rentang 1.744,2 dan 2.154,6 dengan demikian berada pada garis interval ang berkategori tinggi. Dan kesejahteraan anggota bank sampah mendapatkan skor 1.754 yang terletak pada rentang 1.550,4 dan 1.915,2 dengan demikian berada pada garis interval yang berkategori tinggi. Sedangkan hasil koefisien determinasi diperoleh angka R (R Square) sebesar 0,409 atau (40,9%). Hal ini menunjukkan bahwa presentase sumbangan pengaruh variabel pengelolaan bank sampah terhadap variabel dependen kesejahteraan anggota bank sampah sebesar 40,9% masuk dalam 2 kriteria pengaruh yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang tinggi dari pengelolaan bank sampah terhdap kesejahteraan anggota bank sampah di Kelompok Wargi Manlayang. Sedangkan sisanya sebesar 59,1% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang diteliti oleh penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 05:23
Last Modified: 29 Dec 2023 05:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73970

Actions (login required)

View Item View Item