Pola tabligh pembinaan akhlak remaha di lembaga Khusus Anak (Penelitan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Klas 1 Kota Tangerang)

Anggraini, Riri (2017) Pola tabligh pembinaan akhlak remaha di lembaga Khusus Anak (Penelitan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak LPKA Klas 1 Kota Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertitik tolak dari fenomena yang selama ini ada dalam bayangan masyarakat, bahwa lapas bagaikan sekolah kejahatan bagi penjahat. Oleh karena itu dengan ada nya pola tabligh dalam pembinaan akhlak di dalam lapas semua image mngenai itu terpatahkan. Dengan adanya pola tabligh dalam pembinaan akhlak maka sempurnalah fungsi lapas sebagai lembaga pembinaan khusus anak yang menjadi lembaga yang telah mempersiapkan kembali masyarakat jika telah habis waktu masa tahanan nya dan waktu nya untuk kembali ke masyarakat bisa mendapat kepercayaan masyarakat serta memperbaiki kesalahan nya terdahulu, sehingga tabligh pembinaan akhlak bisa menghapus stigma buruk terhadap anak narapidana. Tujuan dari peneliti ini untuk mngetahui pola tabligh dan pola komunikasi yang digukanakan dalam pembinaan akhlak dalam lembaga pembinaan khusus anak yang mana pada setiap kegiatan telah mampu meningkatkan kesadaran hidup beragama Islam bagi para warga binaan di LPKA Klas 1 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan menggunakan pola tabligh dan pola komunikasi “Suatu proses untuk mempengaruhi pendapat, sikap dan tindakan orang dengan menggunakan maipulasi psikologis sehingga orang tersebut bertindak seperti atas kehendaknya sendiri” (Rakmat, 2008: 14) untuk pembinaan akhlak remaja di lapas., setidaknya setiap para warga binaan diharapkan dapat memperbaiki akhlak nya ke arah yang lebih baik. Sehingga setelah bebas mereka bisa lebih sadar dan memaknai arti kehidupan. Hasil penelitian ini mengungkapkan pola tabligh yang berisi a) pola materi dengan materi akhlak dan fiqih, al-qur’an serta hadist nya b)pola media dengan media tatap muka di ruangan c) pola metode dengan metode diskusi dan cermah serta dengan pola komunikasi dengan pendekatan persuasi nya. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pola tabligh dan pola komunikasi dalam pembinaan akhlak remaja di LPKA Klas 1 Kota Tangerang ini memiliki pola yang telah berhasil dan mampu membentuk pembinaan akhlak bagi warga binaan yang baik, berdayaguna dan berhasl guna. Sehingga memunculkan adanya pandangan bahwa pelaksanaan kegiaan di lembaga atau lapas dengan pola tabligh yang diajikan angatlah positif dan sangat didukung oleh masyarakat khususnya umat Islam. Adapun keberhasilan tersebut dapat di lihat pada warga binaan yang mempunya kedekatan khusus dengan para mengajar dan tidak malumalu lagi untuk bertanya sekalipun itu adalah sebuah kesalahan dan membuat warga binaan tidak gengsi mengingatkan teman nya untuk sellau berprilaku baik di lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:15
Last Modified: 29 Dec 2023 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73975

Actions (login required)

View Item View Item