Bimbingan agama melalui kegiatan ekstrakulikuler dalam menguatkan ukhuwah islamiyah di kalangan siswa (Penelitian di ekstrakurikuler Rohis SMPN 1 Cileunyi 2017)

Hasli, Via Setia (2017) Bimbingan agama melalui kegiatan ekstrakulikuler dalam menguatkan ukhuwah islamiyah di kalangan siswa (Penelitian di ekstrakurikuler Rohis SMPN 1 Cileunyi 2017). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Permasalahan paling mendasar sebagai fokus masalah pada penelitian ini adalah bimbingan agama yang digunakan oleh pembimbing untuk membantu siswa dalam menguatkan ukhuwah Islamiah di lingkungan ekstrakurikuler Rohis. Ukhuwah Islamiah di era modern saat ini banyak di pengaruhi oleh pengaruh globalisasi yang berdampak pada akhlakul karimah mereka. Penelitian ini bertitik tolak dari adanya kewajiban bagi setiap muslim untuk menanamkan, menguatkan rasa ukhuwah Islamiah. Sikap ini dapat di tanamkan melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis SMPN 1 Cileunyi, salah satunya dengan melalui bimbingan agama yang berisikan beberapa program yang akan menjadi wadah dalam penyampaian informasi tersebut. Penelitian ini berpijak dari pemikiran tentang bimbingan agama yang diterapkan dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler Rohis yaitu meliputi pembimbing, terbimbing, metode, media, pesan dan tujuan, dalam proses pemberian bantuan terhadap individu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama yang digunakan oleh pembimbing dalam menguatkan ukhuwah Islamiah di kalangan siswa, untuk mengetahui kondisi ukhuwah Islamiah di lingkungan siswa, dan untuk mengetahui faktor pendukung pelaksanaan bimbingan agama dalam hal ukhuwah Islamiah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai hungungan permasalahan yang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa: pertama, pelaksanaan bimbingan dilaksanakan melalui berbagai kegiatan keagamaan yaitu ta’lim, mentoring, Kipop (Kajian Islami Populer), Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa), dan silaturahmi dengan ekstrakurikuler Rohis sekolah lain. Kedua, kondisi ukhuwah Islamiah yang ada di lingkungan Rohis sangatlah beragam terutama datang dari pembimbing dan siswa yaitu sikap saling memberi salam, menjawab bersin, tolong menolong, mendoakan teman yang sakit, tidak saling bermarahan, dan tidak sombong. Ketiga, faktor pendukung dalam kegiatan ini juga sangat beragam yang bersumber dari unsur-unsur bimbingan berupa pembimbing, metode, pesan dan media. Sedangkan faktor pendukung dari siswa yaitu kesadaran diri untuk perubahan yang lebih baik dan respon keluarga yang positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:06
Last Modified: 29 Dec 2023 03:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73978

Actions (login required)

View Item View Item