Pengaruh kebijakan dividen, volume perdagangan saham dan leverage perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015

Rahmatika, Virdha (2017) Pengaruh kebijakan dividen, volume perdagangan saham dan leverage perusahaan terhadap harga saham pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Sebagai keputusan investasi harga saham merupakan sebuah patokan bag seorang investor untuk berinvestasi. Harga saham merupakan cerminan dari nilaperusahaan dimana harga saham ini menunjukkan performa suatu perusahaanFaktor yang dapat mempengaruhi Harga Saham diantaranya ialah KebijakaDividen, Volume Perdagangan Saham dan Leverage Perusahaan. KebijakaDividen merupakan keputusan perusahaan untuk laba yang diperoleh dibagikakepada pemegang saham dalam bentuk dividen atau akan ditahan untumenambah modal, sedangkan Volume Perdagangan Saham adalah salah satindikator yang digunakan dalam analisis teknikal pada penilaian harga saham, daLeverage Perusahaan merupakan rasio yang mengukurseberapa besar perusahaadibiayai dengan utang. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruKebijakan Dividen, Volume Perdagangan Saham dan Leverage Perusahaaterhadap Harga Saham pada perusahaan Indeks LQ45 yang terdaftar di Bursa EfeIndonesia periode 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptiverifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan datsekunder. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 8 perusahaan yang menjadsampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah asumsi klasikanalisis regresi linier berganda, korelasi dan koefisien determinasi. Sedangkapengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t dan uji F. Hasil pengujian hipotesis, secara parsial (uji t) dengan menggunakan tarasignifikansi 0,05 menunjukkan bahwa Kebijakan Dividen berpengaruh positterhadap Harga Saham, dimana besar t hitung sebesar 5,386 dibandingkan dengat tabel sebesar 2,7764 dari data tersebut tampak bahwa t hitung lebih besar dari tabel.Sementara Volume Perdagangan Saham tidak berpengaruh terhadap HargSaham, dimana besar t hitung sebesar 1,595 dibandingkan dengan t tabel sebesa2,7764 dari data tersebut tampak bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel, LeveragPerusahaan tidak berpengaruh terhadap Harga Saham dengan t hitung sebesa2,212 dan t tabel sebesar 2,7764 dari data tersebut tampak bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel. Secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Kebijakan DividenVolume Perdagangan Saham dan Leverage Perusahaan berpengaruh terhadaHarga Saham yaitu dengan nilai F hitung sebesar 13.709 dengan taraf signifikans0,05 maka di dapat F tabel 6,59 (13.709 ≥ 6,59). Koefisien determinasi sebesa91,1% dan sisanya sebesar 8,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:51
Last Modified: 29 Dec 2023 02:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73981

Actions (login required)

View Item View Item