Pengaruh sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) terhadap peningkatan kinerja karyawan kantor urusan agama (Studi korelasi pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wado Kab. Sumedang)

Nurmalasari, Inten (2017) Pengaruh sistem informasi manajemen nikah (SIMKAH) terhadap peningkatan kinerja karyawan kantor urusan agama (Studi korelasi pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wado Kab. Sumedang). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

Pengelolaan administrasi perkantoran yang bersifat konvensional dituntut sesegera mungkin berali ke era digital. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi yang disertai dengan tuntutan pelayanan efekif dan efisien. Instansi pemerintah, termasuk Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama, mencoba mewujudkan tuntutan zaman ini dengan melahirkan aplikasi pengelolaan nikah pada KUA yang disebut SIMKAH. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, realita kinerja karyawan sebelum, realita kinerja karyawan sesudah dan pengaruh yang ditimbulkan dari aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) yang ada di Kantor Urusan Agama kecamatan Wado terhadap peningkatan kinerja karyawan Kantor Urusan Agama. SIMKAH adalah sebuah program aplikasi komputer berbasis windows yang berguna untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh KUA di Republik Indonesia secara online maupun offline, sehingga komponen-komponen yang diperlukan dalam sistem aplikasi SIMKAH ada tiga, yaitu hardware, software, dan brainware. Dengan adanya SIMKAH diharapkan akan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pernikahan dan mempermudah pemerintah memantau peristiwa nikah, sehingga berdampak pula terhadap kualitas kinerja karyawan menjadi efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan populasi dan sampel, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Temuan yang diperolah dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) yang ada di Kantor Urusan Agama kecamatan Wado menunjukkan adanya pengaruh terhadap lima aspek peningkatan kinerja karyawan Kantor Urusan Agama, pertama pada aspek kemampuan taraf signifikansinya 3,7 % dan 15,2 % berdasarkan Pearson Product Moment. Kedua, pada aspek motivasi taraf signifikansinya 2,33 % dan 10 % berdasarkan Pearson Product Moment. Ketiga, pada aspek individu taraf signifikansinya 2,22 % dan 0,96 % berdasarkan Person Product Moment. Keempat, pada aspek psikologis taraf signifikansinya 3,7 % dan 15 % berdasarkan Pearson Product Moment. Dan keliman, pada aspek organisasi taraf signifikansinya 2,7 % dan 11,4 % berdasarkan Pearson Product Moment sebagai faktanya terurai pada bagian hasil dan pembahasan penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:31
Last Modified: 29 Dec 2023 02:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73991

Actions (login required)

View Item View Item