Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada Perusahaan LQ45

Juliyandi, Tedi (2017) Pengaruh Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA), dan Return On Equity (ROE) terhadap return saham pada Perusahaan LQ45. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Pada dasarnya seorang investor melakukan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungan dalam bentuk return yang tinggi. Untuk mengetahui perusahaan yang akan menghasilkan return yang tinggi, bisa dilihat berdasarkan kinerja keuangan perusahaan tersebut. Kinerja keuangan biasanya dilakukan menggunakan rasio keuangan, tetapi rasio keuangan ini masih memiliki kelemahan utama, yaitu tidak menyertakan biaya modal. Pada tahun 1989 Konsultan Stern Steward Management Service di Amerika Serikat memperkenalkan konsep Economic Value Added dan Market Value Added sebagai alat kinerja keuangan untuk mengatasi kelemahan dari rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Economic Value Added, Market Value Added, dan Return On Equity terhadap Return saham pada 39 perusahaan yang tergabung di Indeks LQ45 Periode Agustus 2015 – Januari 2016 yang sudah memenuhi kriteria sampel. Sedangkan untuk para investor dapat dijadikan rekomendasi dalam melakukan investasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi dan penelitian pustaka. Penelitian ini menggunakan variabel dependen Return Saham sedangkan variabel independennya adalah Economic Value Added, Market Value Added, dan Return On Equity. Data yang digunakan adalah laporan keuangan tahun 2015. Analisis statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan bantuan Statistical Package for Social Sciences (SPSS 20). Hasil pengujian secara parsial (uji t) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% atau 0,05 menunjukkan bahwa Economic Value Added tidak berpengaruh terhadap Return Saham, dimana besar thitung lebih kecil dari ttabel (-0,369 ≤ 2,0301). Begitupun dengan variabel Market Value Added yang juga tidak berpengaruh terhadap Return Saham, dimana besar thitung lebih kecil dari ttabel (0,850 ≤ 2,0301). Sedangkan variabel Return On Equity berpengaruh positif terhadap Return Saham, hal ini ditunjukkan dengan thitung yang lebih besar dari ttabel (2,248 ≥ 2,0301). Secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa Economic Value Added,Market Value Added, dan Return On Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham yaitu dengan hasil pengujian hipotesis yang menunjukkan bahwa Fhitung lebih kecil dari Ftabel (2,331 ≤ 2,87). Koefisien Determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen, dan besarnya pengaruh ketiga variabel independen yang diteliti adalah 16,7%, sedangkan sisanya 83,3% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Economic Value Added; Market Value Added (MVA); Return On Equity (ROE); saham
Subjects: Financial Economics, Finance
Production, Industrial Economics > Efficiency Economics
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:41
Last Modified: 29 Aug 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73995

Actions (login required)

View Item View Item