Analisis pengaruh Return on Asset (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2014)

Hilda, Anisa Nurhasanah (2017) Analisis pengaruh Return on Asset (ROA) dan Current Ratio (CR) terhadap Dividen Payout Ratio (DPR) (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2014). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Dividen adalah Nilai Pendapatan Bersih Perusahaan setelah pajak dikurangi dengan laba ditahan yang digunakan sebagai cadangan bagi Perusahaan. Dividen Payout Ratio adalah Suatu Keputusan untuk menentukan berapa besar bagian dari pendapatan perusahaan yang akan dibagikan kepada para pemegang saham dan yang akan diinvestasikan kembali (Reinvestment) atau ditahan (Retained) di dalam perusahaan. Penelitian ini menganalisis faktor faktor yang mempengaruhi dividen payout ratio yang mana variabel independennya return on asset dan current ratio. sedangkan variabel dependennya adalah dividen payout ratio. Return On Asset yang semakin besar menunjukkan kinerja perusahaan yang semakin baik karena tingkat pengembalian investasi (return) ssemakin besar, sehingga dividen yang dibagikan juga semakin besar. Perusahaan yang mempunyai current ratio tinggi akan semakin tinggi dalam pembagian dividen tetapi jika terlalu tinggi menyebabkan profitabilitas menurun karena tidak berproduktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Return on Asset dan Current Ratio terhadap Dividen payout ratio yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2014 yakni sebanyak 12 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh secara historis dalam laporan keuangan, ICMD, IDX yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil yang kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta yang ada. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan alat bantu Eviews 8. Berdasarkan analisis data panel dengan menggunakan uji t dapat disimpulkan bahwa Return on Asset berpengaruh positif terhadap dividen payout ratio dengan nilai signifikasi dibawah 0,05. Kemudian Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh terhadap dividen payout ratio dengan nilai signifikasi diatas 0,05. Sedangakn dari hasil uji F dapat disimpulkan bahwa variabel Return on asset dan current ratio berpengaruh secara bersama sama pada perusahaan manufaktur dengan nilai signifikansi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:24
Last Modified: 29 Dec 2023 02:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73996

Actions (login required)

View Item View Item