Penerapan metode drill untuk meningkatkan hafalan surat Al-‘Adiyat pada mata pelajaran Al-Quran Hadits : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV di MI Nurul Huda Jl. Sindangsari No. 137 Bandung

Pati, Kasim (2016) Penerapan metode drill untuk meningkatkan hafalan surat Al-‘Adiyat pada mata pelajaran Al-Quran Hadits : Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas IV di MI Nurul Huda Jl. Sindangsari No. 137 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di MI Nurul Huda Jl.Sindangsari Kota Bandung. Kemampuan hafalan siswa tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal tersebut terjadi karena siswa tidak bersemangat dalam belajar, siswa kurang memperhatikan saat guru menyampaikan materi pelajaran, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti berupaya menggunakan metode Drill sebagai metode pembelajaran agar tercipta suasana pembelajaran yang melibatkan dan mengoptimalkan kemampuan menghafal siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan hafalan siswa sebelum menggunakan metode Driil, penerapan metode Drill pada proses pembelajaran, dan kemampuan hafalan siswa setelah menggunakan metode Drill. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan pada hafalan siswa salah satunya dipengaruhi penggunaan metode yang tepat termasuk metode Drill, hipotesis yang diajukan adalah penerapan metode Drill diduga dapat meningkatkan kemampuan hafalan siswa pada surat Al-A’diyat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, satu siklus dilakukan sebanyak satu kali tindakan penelitian. Subjek penelitian adalah kelas IV sebanyak 23 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, tes dan wawancara kemampuan hafalan siswa dan dokumentasi kegiatan pembelajaran selama tindakan analisis data dalam statistik sederhana. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hafalan surat Al-‘Adiyat siswa sebelum menggunakan metode Drill di kelas IV MI Nurul Huda hanya mencapai 41,3 (Tidak Tuntas). Proses pembelajaran pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Q.S. Al-‘Adiyat dengan menggunakan metode Drill pada setiap siklus tergolong aktif. Aktivitas guru pada siklus I mencapai 82,3% (Aktif) dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 94,1% dan siklus III sebesar 100% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas belajar siswa pun tergolong cukup aktif pada setiap siklusnya. Pada pra siklus, rata rata aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata 45,5 (Cukup Aktif), siklus I mencapai rata-rata sebesar 51,7 (Cukup Aktif), siklus II mencapai rata-rata sebesar 55,9 (Cukup Aktif) dan pada siklus III mencapai rata-rata sebesar 59,3 (Cukup Aktif). Hafalan surat Al-‘Adiyat siswa sesudah menggunakan metode Drill pada setiap siklus mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 73,5 (lancar) , siklus II mencapai rata-rata sebesar 90 (sangat lancar) dan pada siklus III mencapai ratarata sebesar 94(Sangat Lancar). Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode Drill dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Q.S.Al-‘Adiyat dikelas IV MI Nurul Huda Jl.Sindangsari No.137 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode drill; hafalan surat; Al Qur'an hadist
Subjects: Islam > Koran
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 28 Aug 2023 08:09
Last Modified: 29 Aug 2023 01:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74003

Actions (login required)

View Item View Item