Nuraeni, Sri (2023) Hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (776kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (810kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
Abstract
Penalaran ilmiah merupakan faktor internal dalam diri siswa yang memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Siswa dengan penalaran ilmiah yang tinggi akan mencapai hasil belajar yang tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, menganalisis hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan penalaran ilmiah dan soal tes kemampuan hasil belajar, diujikan pada 35 siswa kelas VII di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diperoleh, tingkat kemampuan penalaran ilmiah siswa beragam pada setiap indikatornya dengan perolehan rata-rata nilai sebesar 83,39 kategori baik. Begitupun hasil belajar siswa, dalam setiap capaian indikatornya beragam, perolehan rata-rata nilai sebesar 85,48 kategori baik. Hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa berkorelasi positif. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,573 berada pada kategori sedang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Uji determinasi pada penelitian korelasi ini menghasilkan sebesar 30,8%, sehingga terdapat 69,2% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Kemampuan Penalaran Ilmiah; Klasifikasi Makhluk Hidup |
Subjects: | Education, Research Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | sri nuraeni |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 06:45 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 06:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74093 |
Actions (login required)
View Item |