Hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup

Nuraeni, Sri (2023) Hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Penalaran ilmiah merupakan faktor internal dalam diri siswa yang memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Siswa dengan penalaran ilmiah yang tinggi akan mencapai hasil belajar yang tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran ilmiah siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, mendeskripsikan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup, menganalisis hubungan kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan penalaran ilmiah dan soal tes kemampuan hasil belajar, diujikan pada 35 siswa kelas VII di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian diperoleh, tingkat kemampuan penalaran ilmiah siswa beragam pada setiap indikatornya dengan perolehan rata-rata nilai sebesar 83,39 kategori baik. Begitupun hasil belajar siswa, dalam setiap capaian indikatornya beragam, perolehan rata-rata nilai sebesar 85,48 kategori baik. Hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa berkorelasi positif. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,573 berada pada kategori sedang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima. Uji determinasi pada penelitian korelasi ini menghasilkan sebesar 30,8%, sehingga terdapat 69,2% faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemampuan Penalaran Ilmiah; Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: sri nuraeni
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:45
Last Modified: 28 Aug 2023 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74093

Actions (login required)

View Item View Item