Mahabbah sebagai metode penyembuhan skizofreni: Studi kasus di Yayasan Mentari Hati Kel.Linggajaya Kec.Mangkubumi Kota Tasikmalaya

Hasmira, Hasmira (2017) Mahabbah sebagai metode penyembuhan skizofreni: Studi kasus di Yayasan Mentari Hati Kel.Linggajaya Kec.Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)

Abstract

Ada banyak manusia yang terkungkung dalam penderitaan hidup akibat dari ketidakmampuannya dalam mengatasi segala kesulitan hidup sehingga kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami kegoncangan yang membuat jiwa sebahagian besar manusia mengalami penderitaan batin sehingga muncul berbagai macam pada psikis yang dinamakan dengan Skizofrenia. Skizofrenia merupakan penyakit mental yang diderita oleh seseorangyang membutuhkan perhatian khusus karena begitu bertanya tingkat stress yang diderita oleh penyakit ini.Dan terapi Mahabbah merupakan salah satu bentuk usaha untuk memulihkan kembali jiwa seseorang yang mengalami gangguan jiwa dengan menggunakan rasa cinta dan kasih sayang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang digunakan oleh pendiri dan para pengurus Yayasan Mentari Hati dalam menyembuhkan para pasiennya dengan menggunakan metode mahabbah serta seberapa besar pengaruh metode mahabbah dalam menyembuhkan pasien baik bagi dirinya maupun sosialnya. Metode yang digunakan oleh penyusun dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan “deskriptif kualitatif” sedangkan dalam pengumpulan data, Penyusun menggunakan metode observasi partisipatif serta wawancara mendalam. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah para pasien di Yayasan Mentari Hati, sumber data diperoleh langsung dari pendiri yayasan serta para pengurus yang terlibat dalam proses terapi bagi para pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mahabbah atau rasa cinta memiliki peran yang sangat penting dalam proses penyembuhan karena adanya perasaan cinta mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pasien yang diaplikasikan dalam bentuk sikap sehari-hari. Dan pengaruh yang dihasilkan ialah para pasien mampu merespon pembicaraan, nyambung ketika diajak berbicara, mampu membersihkan dirinya kembali, menolong sesama pasien yang sedang membutuhkan, saling memberi serta selalu bekerjasama. Dalam prakteknya yayasan beserta para pengurus memberikan kegiatan sehari-hari dan sentuhan kekeluargaan berupa adaya pengakuan pasien yang dianggap seperti anggota keluarga, hal ini merupakan faktor penunjang keberhasilan dalam hal penyembuhan kepada para pasien di Yayasan Mentari Hati.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: mahabah; skizofreni; metode penyembuhan
Subjects: Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Miscellaneous Branches of Medicine and Surgery > Rehabilitation
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:17
Last Modified: 25 Aug 2023 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74099

Actions (login required)

View Item View Item