Dakwah di masyarakat pesisir: Studi deskriptif tentang dakwah pada masyarakat pesisir dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kampung Muaragembong Desa Pantai Mekar Kecamatam Muaragembong Kabupaten Bekasi

Atmawati, Siti (2017) Dakwah di masyarakat pesisir: Studi deskriptif tentang dakwah pada masyarakat pesisir dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Kampung Muaragembong Desa Pantai Mekar Kecamatam Muaragembong Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)

Abstract

Masyarakat pantai atau sering disebut Nelayan sebagaimana dalam pengertian yang lebih luas, yaitu masyarakat yang mempunyai ciri-ciri khusus yang bertumpu pada sumber mata pencaharian utamanya Menangkap ikan. Namun, kesadaran akan pentingnya pengetahuan agama melalui kegiatan dakwah kurang begitu disadari, karena bebarapa faktor yang mempengaruhinya. Namun seharusnya, dakwah bisa mendoktrin melalui sikap sebagai motivasi untuk ikut serta dalam mengikuti kegiatan dakwah agar pengetahuan yang akan didapat bisa dipraktikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dimulai dari kondisi masyarakat yang memiliki kesibukan karena pekerjaan sebagai nelayan yang aktivitasnya pergi sore pulang pagi, dan ketika siang sisa waktunya untuk beristirahat. Di satu sisi juga meneliti pelaksanaan terhadap program dakwah di Kampung Muaragembong dan juga sekaligus bagaimana penerimaan masyarakat terhadap dakwah di Kampung Muaragembong Desa Pantai Mekar Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Dengan tujuan untuk meneliti pelaksanaan kegiatan dakwah pada masyarakat pesisir, dan untuk meneliti penerimaan masyarakat pesisir terhadap dakwah di Kampung Muaragembong Desa Pantai Mekar Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Yaitu dengan memaparkan segala sesuatu yang erat hubungannya dengan dakwah pada masyarakat pesisir, menginterpretasikan data dan memecahkan masalah yang ada yang ditemukan selama penelitian berlangsung. Meskipun dibantu dengan penelitian-penelitian yang sudah diteliti sebelumnya lewat buku-buku. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dakwah pada masyarakat Pesisir di Kampung Muaragembong Desa Pantai Mekar Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi bahwa secara umum berkaitan dengan prilaku masyarakat dalam mengikuti kegiatan dakwah antara lain: tidak terlaksananya ibadah rituan sehari hari, sangat antusias dalam ritual tradisi lokal Nadran, masyarakatnya kurang memperhatiakan terhadap kerapihan dan keindahan lingkungannya, moment yang kurang tepat dan sasaran yang tidak menyeluruh dalam kegiatan dakwah, dan alternatif dakwah yang dilakukan adalah melalui pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh sebagian komunitas masyarakat dan pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dakwah; masyarakat pesisir
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Ecology > Coastal Ecology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:38
Last Modified: 25 Aug 2023 07:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74110

Actions (login required)

View Item View Item