Pengaruh belanja daerah terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan di Kabupaten Bandung pada tahun 2006-2015

Anisa, Anisa (2017) Pengaruh belanja daerah terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan di Kabupaten Bandung pada tahun 2006-2015. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Konstan yang dapat di definisikan sebagai perkembangan perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat. Penulis menduga belanja daerah sangat mempengaruhi kenaikan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Konstan, karena dalam meningkatnya Prodak Domestik Regional Bruto (PDRB) maka ada peran pemerintah dalam kegiatan dan kehidupan ekonomi masyarakat yang di lihat dari sebagai suatu keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui besarnya pengaruh parsial serta simultan belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan di Kabupaten Bandung pada tahun 2006-2015.Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Keynesian dimana sektor publik ikut campur tangan dalam meningkatkan perekonomian secara umum. Lincolin Arsyad dalam Subandi (2005) “suatu proses dimana pemerintah daerah dan masyarakat mengelola sumberdaya yang ada dan memebentuk pola kemitraan antara pemerintah daerah dengan swasta untuk merangsang perkembangan kegiatan ekonomi (pertumbuhan ekonomi) dalam wilayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan guna mendapatkan data primer dan data sekunder yang dibutuhkan. Tekhnik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi.Berdasarkan hasil uji data sekunder yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa secara parsial pada 10 tahun terakhir (2006-2015) variabel belanja langsung secara parsial berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan karena thitung (4.594) > ttabel (1.860) maka H0 ditolak, sedangkan variabel belanja tidak langsung secara parsial berpengaruh terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan karena thitung (3.324) > ttabel (1.860) maka H0 ditolak. Dan secara simultan dapat disimpulkan bahwa belanja langsung dan belanja tidak langsung berpengaruh secara silmultan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan karena Fhitung (24.262) > Ftabel(5.32) maka H0 ditolak dengan presentase pengaruh variabel independen (belanja langsung dan belanja tidak langsung) terhadap variabel dependen yaitu Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan sebesar 87.4% sedangkan 12.6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Belanja Langsung; Belanja Tidak Langsung; Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) konstan.
Subjects: Public Administration
Human Anatomy, Cytology, Histology > Regional and Topographical Anatomy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:12
Last Modified: 24 Aug 2023 08:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74124

Actions (login required)

View Item View Item