Teknik bimbingan kelompok melalui metode Wide Game untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa : Penelitian ekstrakurikuler pramuka di MTs An-Nur 1 Kp.Karanganyar Desa Mekar Mulya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut

Robiah, E. Sarah Arini Nur Siti (2017) Teknik bimbingan kelompok melalui metode Wide Game untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa : Penelitian ekstrakurikuler pramuka di MTs An-Nur 1 Kp.Karanganyar Desa Mekar Mulya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Fenomena saat ini, kebanyakan anak yang mengalami gejala kurang percaya diri, sangat sulit untuk dapat mengembangkan diri terutama dalam hal bersosialisasi. Gejala kurang percaya diri muncul saat melihat keadaan diri, dari segi fisik ada siswa yang merasa tidak percaya diri dengan penampilan fisiknya dan ia merasa berbeda dengan orang lain, dari segi letak geografis biasanya siswa yang mukim dipesantren dan berasal dari perkotaan tingkat kepercayaan dirinya lebih tinggi dibanding siswa yang merupakan penduduk asli dari daerah sekitar sekolah. Dengan adanya fenomena seperti ini maka salah satu teknik bimbingan untuk anak yang mengalami tingkat kepercayaan diri yang rendah yaitu teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game. Tujuan dari penelitian ini adalah: pertama Untuk mengetahui proses pelaksanaan teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs An nur 1 Kp.Karanganyar Desa Mekar Mulya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Kedua Untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game dalam ekstrakurikuler pramuka di MTs An-nur 1 Kp.Karanganyar Desa Mekar Mulya Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Ketiga untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs An-nur 1. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data-data yang diperoleh dari objek penelitian dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai kebutuhan penelitian kemudian dianalisis oleh penulis, dan disimpulkan untuk menjawab tujuan penelitian. Teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game ini sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Lilis Satriah bahwa dalam praktiknya teknik bimbingan kelompok bisa dilakukan melalui berbagai teknik yaitu latihan, permainan, diskusi dan sosiodrama. Hasil penelitian yang ditemukan menunjukan bahwa dalam prosesnya teknik bimbingan kelompok melalui metode wide game ini mencakup tiga hal pokok yaitu tahapan kegiatannya, isi materi dan media yang digunakan. Namun dalam prosesnya ada saja hambatan yang dialami oleh pembina dan siswa saat akan melakukan kegiatan wide game. Setelah mengikuti kegiatan wide game terjadi perubahan terhadap kepercayaan diri siswa. Baik itu kepercayaan diri dalam berpenampilan, kepercayaan diri dalam berkomunikasi, kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat, kepercayaan diri dalam mengambil keputusan, kepercayaan diri untuk bekerjasama antar anggota kelompok dan kepercayaan diri dalam berkompetisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan kelompok; wide game; Kepercayaan diri.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:29
Last Modified: 29 Aug 2023 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74130

Actions (login required)

View Item View Item