Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli Online kosmetik bekas pakai pada Marketplace Shopee dihubungkan dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

Kurniawati, Lia (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli Online kosmetik bekas pakai pada Marketplace Shopee dihubungkan dengan Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Pada era modern saat ini perkembangan teknologi sangat pesat terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi dengan begitu transaksi jual beli pun semakin berkembang. Pada transaksi jual beli saat ini objek yang diperjualbelikan tidak hanya menjual barang baru, akan tetapi banyak pula yang menjual barang bekas seperti jual beli kosmetik bekas pakai. Namun faktanya ternyata kosmetik bekas pakai yang marak dijual secara online seringkali para penjual tidak mencantumkan mengenai keterangan produk secara jelas. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk: 1) Mengetahui mekanisme jual beli kosmetik bekas pakai di marketplace shopee. 2) Mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli kosmetik bekas pakai di marketplace shopee dihubungkan dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan melakukan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara kepada beberapa konsumen, studi kepustakaan dengan membaca beberapa sumber yang relavan, dan dokumentasi yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa praktik jual beli online kosmetik bekas pakai tidak diperbolehkan karena terdapat unsur gharar pada barang yang diperjualbelikan. Sedangkan menurut UU No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, praktik penjualan tersebut melanggar pasal 8 ayat 1 huruf f dan pasal 8 huruf c dan tidak terpenuhinya hak konsumen untuk memperoleh informasi produk yang sebenarnya dari pihak penjual. Berdasarkan kesimpulan yang telah dipaparkan diatas, maka untuk para pihak penjual untuk memberikan informasi lebih jelas mengenai produk yang akan dijual. Dan untuk para pembeli agar lebih teliti dalam memilih produk yang akan dibeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Kosmetik bekas pakai; Perlindungan konsumen
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Lia Kurniawati
Date Deposited: 25 Aug 2023 00:51
Last Modified: 25 Aug 2023 00:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74138

Actions (login required)

View Item View Item