Analisis fatwa DSN-MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/200 tentang Murabahah terhadap produk pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna

Abdurrofi, Choeri (2023) Analisis fatwa DSN-MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/200 tentang Murabahah terhadap produk pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (534kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy

Abstract

Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai salah satu lembaga perbankan syariah terbesar di Indonesia mempunyai peran yang sangat besar dalam mensejahterakan masayarakat di sekitarnya dengan mengeluarkan produk-produk pembiayaan yang dihadirkan guna menunjang kebutuhan hidup masyarakat Indonesia. Produk pembiayaan BSI Griya Hasanah merupakan salah satu produk pembiayaan yang bersifat konsumtif, dengan memberikan layanan pembiayaan kepemilikan rumah untuk berbagai macam kebutuhan, seperti: pembelian rumah baru/second, ruko dan apartemen, pembelian kavling siap bangun, pembangunan atau renovasi rumah, ambil alih pembiayaan dari bank lain (take over), refinancing untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Mekanisme pembiayaan Produk BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna. 2) Menganalisa Produk Pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna dalam perspektif Fatwa DSN-MUI Nomor 04/DSN-MUI/IV/2000. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jenis data menggunakan data kualitatif dengan menerapkan sumber data primer dan data sekunder. Data primer dihasilkan melalui proses wawancara dan observasi secara langsung dengan pihak Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna termasuk wawancara dengan salah satu nasabahnya. Adapun data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber data pendukung lainnya yang ada kaitannya dengan objek yang sedang diteliti seperti jurnal, buku literatur, peraturan undang-undang dan fatwa DSN-MUI. Berdasarkan penelitian yang sudah peneliti lakukan, menunjukan hasil bahwa: 1) Mekanisme pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna dalam praktiknya senantiasa berlandasakan pada peraturan dan prosedur yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah serta ketentuan yang ada dalam Hukum Ekonomi Syariah. 2) Hasil analisis terkait Fatwa DSN-MUI No. 04/DSN-MUI/IV/2000 Tentang Murabahah terhadap produk pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna pada praktiknya sudah sejalan dengan prinsip-prinsip yang ada dalam fatwa DSN-MUI. Sehingga transaksi pembiayaan BSI Griya Hasanah tersebut sudah terhindar dari unsur-unsur yang dapat merusak kemurnian akad murabahah sebagai alat transaksi dalam pembiayaan BSI Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KCP Tasikmalaya Singaparna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis;BSI;Fatwa;Griya Hasanah;Murabahah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: choeri abdurrofi
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:55
Last Modified: 25 Aug 2023 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74152

Actions (login required)

View Item View Item