Analisis Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Mobil Second dengan sistem Tukar Tambah di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung

Salsabila, Farhah (2023) Analisis Fikih Muamalah terhadap Jual Beli Mobil Second dengan sistem Tukar Tambah di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (696kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy

Abstract

Aspek ekonomi sangat penting peranannya dalam meningkatkan kesejahreaan hidup manusia, termasuk di dalamnya mengenai jual beli. Jual beli di masa modern saat ini pun sudah berkembang dimana kita bisa saja melakukan kegiatan jual beli dimana saja dengan menggunakan akses internet. Saat ini juga sudah banyak platform-platfrom yang menyediakan kegiatan transaksi jual beli contohnya Marketplace Facebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli tukar tambah mobil dengan Tambahan motor di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung dan untuk mengetahui tinjauan fikih muamalah tentang jual beli tukar tambah mobil dengan penambahan motor di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung. Dan metode pendekatan yuridis empiris, dengan menggunakan data primer dan sekunder yang di dapat melalui wawancara dan dokumentasi kemudian di klasifikasi dan dianalisis. Jual Beli dalam islam merupakan sebuah kegiatan muamalah yang paling sering dilakukan masyarakat, salah satunya adalah dengan melakukan jual beli dengan sistem tukar tambah. Jual beli dengan sistem tukar tambah merupakan sebuah kegiatan dagang yang dilakukan dengan cara pertukaran barang yang satu dengan barang yang lain, namun dalam pembayarannya tidak hanya menggunakan barang tetapi juga adanya penambahan berupa barang ketika transaksi berlangsung. Jual beli ini pun bisa disebut sebagai jual beli barter atau Bai’ muqayyadah. Transaksi jual beli dengan sistem tukar tambah mobil dengan penambahan barang atau uang ini masih terjadi di grup facebook jual beli mobil bekas. Mereka melakukan transaksi tukar tambah mobil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan permasalahan yang tertuang dalam skripsi ini yaitu bagaimana praktik jual beli tukar tambah mobil dengan penambahan barang (motor) atau uang yang dilakukan masyarakat di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung Dan bagaimana tinjauan Fikih Muamalah tentang jual beli tukar tambah mobil dengan penambahan barang (motor) yang terjadi di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Kota Bandung. Adapun hasil penelitian ini Pertama, praktik jual beli dengan sistem tukar tambah yang dilakukan di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Bandung yang dilakukan sudah cukup baik, namun jika dianalisis ada hal yang kurang sesuai dengan aturan dan syarat dalam tukar tambah yaitu dengan penambahan motor. Yang mengakibatkan nominal harga barang tidak seimbang. Kedua, pelaksanaan jual beli tukar tambah mobil dengan penambahan motor di Grup Facebook Jual Beli Mobil Bekas Bandung ini tidak diperbolehkan bila ada penambahan barang, karena harus memenuhi ketentuan fikih muamalah, yaitu: barang yang ditukarkan itu harus sama, timbangan atau takarannya harus sama, dan serah terimanya dilakukan pada saat itu juga. Dan bila ada penambahan dalam bentuk apapun antar kedua belah pihak perlu mendiskusikan nominal harganya sebelum menetapkan kesepakatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fikih Muamalah; Jual Beli; Bai’ Muqayyadah; Tambahan motor
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Econmics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Farhah Salsabila Wahyudin
Date Deposited: 25 Aug 2023 00:49
Last Modified: 25 Aug 2023 00:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74163

Actions (login required)

View Item View Item