Jual beli dengan sistem Dropshipping pada aplikasi Shopee dalam persfektif Fatwa DSN-MUI no.05/DSN-MUI/IV/2000 : Studi kasus toko Mitra7_id

Muflihat, Elsya 'Aisyah (2023) Jual beli dengan sistem Dropshipping pada aplikasi Shopee dalam persfektif Fatwa DSN-MUI no.05/DSN-MUI/IV/2000 : Studi kasus toko Mitra7_id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text ((COVER))
Text (COVER).pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI ELSYA 'AISYAH MUFLIHAT.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text ((BAB 1))
Text (BAB 1).pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text ((BAB 2))
Text (BAB II).pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text ((BAB 3))
Text (BAB III).pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text ((BAB IV))
Text (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text ((DAFTAR PUSTAKA))
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini jual beli tidak hanya dilakukan secara tatap muka saja namun juga dilakukan secara online, menggunakan teknologi modern seperti komputer atau handphone sebagai alat untuk mempermudah kegiatan usaha jual beli merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat menguntungkan. di era digital sekarang ini. Sistem jual beli online yang sedang marak terjadi sekarang adalah sistem dropshipping yang dilakukan di berbagai marketplace. Sistem dropshipping sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha online maupun pemilik toko. Salah satunya pada aplikasi shopee ditoko Mitra7_id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme jual beli online dengan sistem Dropshipping pada aplikasi shopee dan untuk mengetahui tinjauan fatwa DSN-MUI No.05/DSN-MUI/IV/2000 terhadap jual beli dengan sistem dropshipping ditoko Mitra7_id pada aplikasi shopee. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jual beli dengan sistem dropshipping yang menggunakan akad salam, dimana penjualannya tidak memiliki barang. Ketika ada pesanan dari konsumen, dropshipper memesan barang ke pihak supplier, setelah itu akan di proses pengiriman kepada konsumen, apabila dropshipper telah selesai menyesesaikan transaksi kepada supplier. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Metode pengumpulan data yang dilakukan ialah kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, yang terjadi pada transaksi jual beli online dengan sistem dropshipping adalah akad salam pararel dimana customer memesan barang kepada dropshipper lalu dropshipper memesan barang kembali ke supplier, peran drosphipper adalah sebagai penjual atau tangan kedua karena penjual dengan tangan pertamanya yaitu supplier, karena dropshipper tidak memiliki barang yang dipesan oleh customer. Ditinjau Fatwa DSN-MUI No.05/DSN-MUI/IV/2000 terhadap jual beli online dengan sistem dropshipping yang dilakukan oleh toko Mitra7_id sebagai dropshipper shopee, menunjukkan bahwa jual beli ini tidak sejalan dengan konsep ba’i as-salam khususnya salam paralel dimana terdapat unsur ketidak jelasan terhadap barang yang dijual dropshipper, transaksi ini dikatakan tidak sejalan dengan konsep ba’i as-salam, karena didalamnya memiliki persamaan dan perbedaan konsep rukun dan syarat dengan baias-salam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli onlie; Dropshipping; Fatwa DSN-MUI
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Elsya ‘Aisyah Muflihat
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:52
Last Modified: 31 Aug 2023 07:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74196

Actions (login required)

View Item View Item