Hubungan pemahaman siswa pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dengan kecerdasan emosional : Penelitian pada siswa kelas XI MA Muslimin Saguling

Rokayah, Siti Yayah (2023) Hubungan pemahaman siswa pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dengan kecerdasan emosional : Penelitian pada siswa kelas XI MA Muslimin Saguling. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (821kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di MA Muslimin Saguling terdapat beberapa siswa yang tingkat kecerdasan emosionalnya rendah disebabkan oleh sistem pembelajaran daring selama pandemi covid-19 yang membuat siswa kurang berinteraksi dengan guru maupun temannya. Akibatnya siswa menjadi susah diatur, mudah marah dan mudah tersinggung. Kemudian pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits terdapat materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru yang mampu memberikan stimulus berupa pemahaman agar dapat meningkatkan kecerdasan emosionalnya agar siswa mampu mengendalikan dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru; 2) Realitas kecerdasan emosional siswa kelas XI MA Muslimin Saguling; 3) Hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan kecerdasan emosional. Penelitian ini merujuk pada teori taksonomi bloom yang digagas oleh Anderson dalam ranah kognitif pada jenjang pemahaman yang meliputi menafsirkan, mencontohkan, mengklasifikasikan, merangkum, menyimpulkan, membandingkan dan menjelaskan (Anderson, 2010). Dan teori yang digagas oleh Daniel Goleman tentang kecerdasan emosional yang memiliki lima indikator yaitu mengenali emosi diri, mengendalikan emosi, motivasi diri, empati dan membina hubungan (Goleman, 1998). Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan kecerdasan emosional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasional. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasional dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru berkategori sangat baik; 2) Realitas kecerdasan emosional siswa kelas XI MA Muslimin Saguling berkategori tinggi; 3) Adanya hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan kecerdasan emosional dengan koefisien korelasi sangat rendah. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 21% dan sisanya 79% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemahaman; hormat; patuh; kecerdasan emosional
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Yayah Rokayah
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:33
Last Modified: 28 Aug 2023 01:33
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74223

Actions (login required)

View Item View Item