Aktivitas siswa mengikuti program Sekolah Mengaji hubungannya dengan Akhlak mereka di Sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VIII Smp Negeri 4 Cileunyi

Ikhsanudin, Ikhsanudin (2023) Aktivitas siswa mengikuti program Sekolah Mengaji hubungannya dengan Akhlak mereka di Sekolah : Penelitian terhadap siswa kelas VIII Smp Negeri 4 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Peneitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang dialami siswa seperti bacaan Al-Quran yang belum lancar, berprilaku yang kurang sopan, berkata kasar, dan terkadang tidak nurut terhadap perintah yang baik dari seorang guru, serta siswa kurang disiplin dalam hal waktu dikarenakan akhlak mereka yang kurang baik. Namun dengan dilaksanakannya program Sekolah Mengaji, diharapkan siswa perlahan dapat memperbaiki akhlak dengan dibantu guru ngaji yang telah ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga akhlak yang kurang baik tersebut dapat diatasi dan seberapa besar pengaruh dengan adanya program Sekolah mengaji. Melihat kejadian tersebut menunjukan bahwa adaya kesenjangan serta permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa kelas VIII dalam mengikuti Program Sekolah Mengaji di SMP Negeri 4 Cileunyi Kabupaten Bandung, 2) Akhlak siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cileunyi Kabupaten Bandung, 3) Hubungan antara aktivitas siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Cileunyi dalam mengikuti Program Sekolah Mengaji dengan Akhlak mereka di sekolah. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa akhlak siswa di sekolah dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor, salah satunya adalah aktivitas siswa mengikuti program sekolah mengaji. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan: terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program sekolah mengaji dengan akhlak mereka di sekolah yang signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Populasi dan sampel pada penelitian ini yaitu siswa kela VIII SMP Negeri 4 Cileunyi Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara, angket, serta studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis parsial dan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengikuti program sekolah mengaji berada pada kategori positif dengan rata-rata skor yang diperoleh yaitu 3,76 yakni berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Akhlak siswa di sekolah memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,83 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 artinya berkategori positif. 3) Aktivitas siswa mengikuti program sekolah mengaji dengan akhlak siswa di sekolah menunjukan hubungan yang positif dan sisgnifikan serta berada pada korelasi yang rendah berdasarkan hasil perhitungan sebesar 0,35 yang berada pada interval 0,20 – 0,39. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa thitung (3,23) > (1,67) ttabel yakni Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat hubungan antara aktivitas siswa mengikuti program sekolah mengaji dengan akhlak mereka di kelas VIII SMP Negeri 4 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendidikan; akhlak siswa; aktivitas siswa; sekolah mengaji;
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ikhsanudin Ikhsanudin
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:04
Last Modified: 29 Aug 2023 01:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74246

Actions (login required)

View Item View Item