Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan

Nurhasanah, Siti (2020) Hubungan gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi Sistem Pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa, menganalisis gaya belajar dan hasil belajar siswa, dan menganalisis korelasi antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey karena data diperoleh dari tempat tertentu (bukan alamiah) dengan mengedarkan kuesioner, tes, dan wawancara (perlakuan tidak seperti eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Akhlaqiyah Kabupaten Cianjur dengan subjek penelitian kepada kelas VIII D yang berjumlah 34 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan gaya belajar yang dimiliki siswa diperoleh siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 20 siswa, siswa dengan gaya belajar auditorial sebanyak 8 siswa dan siswa dengan gaya belajar kinestetik sebanyak 8 siswa. Nilai rata-rata tertinggi gaya belajar terdapat pada siswa kinestetik yakni sebesar 75,37 dengan kategori baik. Nilai rata�rata tertinggi hasil belajar siswa dimiliki oleh siswa dengan gaya belajar visual sebesar 73,45 dengan kategori baik. Nilai korelasi rxy dari gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan diperoleh sebesar 0,89 yang dikategorikan sebagai hubungan yang kuat/tinggi. Sehingga dapat dikatakan terdapat hubungan yang kuat dan positif antara gaya belajar dengan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Nilai koefisien determinasi (KD) diperoleh sebesar 80,10%. Sedangkan 19,90% berasal dari faktor selain dari gaya belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Auditorial; Gaya Belajar; Hasil Belajar; Kinestetik; Visual
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Siti Nurhasanah
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:30
Last Modified: 28 Aug 2023 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74266

Actions (login required)

View Item View Item