Analisis potensi objek wisata religi sebagai sumber pendapatan masyarakat dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan: Studi kasus di Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung

Rafsanjani, Al Ghifari Azkya Hashemi (2023) Analisis potensi objek wisata religi sebagai sumber pendapatan masyarakat dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan: Studi kasus di Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia sangat baik sehingga muncul berbagai jenis wisata salah satunya wisata religi.Salah satu tujuan pariwisata yaitu untuk mengentaskan atau mengurangi kemiskinan. Dengan adanya kemiskinan membuat pertumbuhan ekonomi di suatu negara berjalan dengan lambat. Menurut Christie, faktor penyebab kemiskinan yaitu terbatasnya lapangan pekerjaan dan pendapatan yang rendah. Dengan adanya objek wisata, maka lapangan pekerjaan dan usaha cukup terbuka sebab banyak wisatawan yang datang ke objek wisata tersebut.Demikian pula yang terjadi di objek wisata religi Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung sebagai objek wisata religi baru yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak wisatawan yang datang sehingga masyarakat sekitar dapat mencari sumber pendapatan di objek wisata tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi pengembangan objek wisata religi Masjid Raya Al Jabbar, mengetahui kondisi ekonomi masyarakat sekitar sebelum dan sesudah adanya Masjid Raya Al Jabbar, serta mengetahui potensi objek wisata religi Masjid Raya Al Jabbar dalam mengurangi tingkat kemiskinan yang ada. Teori yang digunakan adalah teori yang dikemukakan oleh Suryawati mengenai kemiskinan, yang menjelaskan bahwa kemiskinian didefinisikan sebagai kondisi ketidakmampuan pendapatan dalam mencukupi kebutuhan pokok sehingga kurang mampu untuk menjamin keberlangsungan hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan peneliti adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini adalah objek wisata religi Masjid Raya Al Jabbar memiliki potensi wisata yaitu memiliki keindahan arsitektur, pusat edukasi Islam dan fasilitas yang unik yang menjadi daya tarik tersendiri sehingga banyak pengunjung yang datang, serta Masjid Raya Al Jabbar pun dapat merubah kondisi ekonomi masyarakat sekitar karena menjadi sumber pendapatan masyarakat. serta objek wisata religi Masjid Raya Al Jabbar pun mampu mengurangi tingkat kemiskinan yang ada karena tersedianya lapangan pekerjaan dan peluang usaha serta meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Wisata Religi; Sumber Pendapatan; Kemiskinan
Subjects: Econmics > Economists
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Travel on Extraterrestrial World
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Al Ghifari Azkya Hashemi Rafsanjani
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:42
Last Modified: 29 Aug 2023 02:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74296

Actions (login required)

View Item View Item