Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media E-Flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas

Afifah, Rifa Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media E-Flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kritis menjadi permasalahan yang dirasakan guru pelajaran biologi. Minimnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditinjau dari minat belajar dan motivasi belajar siswa yang menurun sehingga prestasi belajarnyapun ikut menurun. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pembelajaran agar permasalahan tersebut dapat diatasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Instrumen yang digunakan yakni tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Pengaruh tersebut dilihat berdasarkan hasil analisis uji idependent sample t-test yang memperoleh nilai signifikan 0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Besarnya pengaruh yang diberikan bernilai sebesar 1,09 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem imunitas dapat mengatasi pemasalahan guru mata pelajaran biologi ketika di kelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis;Discovery Based Unity of Science (DBUS);E-Flipbook
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Rifa Nur Afifah
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:55
Last Modified: 30 Aug 2023 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74341

Actions (login required)

View Item View Item