Afifah, Rifa Nur (2023) Pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media E-Flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kritis menjadi permasalahan yang dirasakan guru pelajaran biologi. Minimnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditinjau dari minat belajar dan motivasi belajar siswa yang menurun sehingga prestasi belajarnyapun ikut menurun. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi pembelajaran agar permasalahan tersebut dapat diatasi. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Instrumen yang digunakan yakni tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi guru dan siswa, serta angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas. Pengaruh tersebut dilihat berdasarkan hasil analisis uji idependent sample t-test yang memperoleh nilai signifikan 0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Besarnya pengaruh yang diberikan bernilai sebesar 1,09 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran Discovery Based Unity of Science (DBUS) berbantu media e-flipbook terhadap kemampuan berpikir siswa pada materi sistem imunitas dapat mengatasi pemasalahan guru mata pelajaran biologi ketika di kelas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis;Discovery Based Unity of Science (DBUS);E-Flipbook |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rifa Nur Afifah |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 01:55 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74341 |
Actions (login required)
View Item |