Analisis penyajian Laporan Keuangan berorientasi Nonlaba berdasarkan ISAK 35 pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah

Lestari, Risma Dwi (2023) Analisis penyajian Laporan Keuangan berorientasi Nonlaba berdasarkan ISAK 35 pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah merupakan suatu entias nonlaba yang telah berbentuk yayasan, dimana dalam pengelolaannya mengharuskan membuat laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan dana yang mereka peroleh. Laporan keuangan entitas nonlaba meliputi laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif, laporan perubahan asset neto, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan. Jika melihat ruang lingkupnya Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah ini sudah berkembang sangat pesat yang mana seharusnyapondok pesantren menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan yaitu ISAK 35. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pencatatan laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah mengetahui dan menganalisis sitem pengelolaan keuangan pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah serta mengetahui dan menganalisis penyajian laporan keuangan Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah dengan ISAK 35. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dan sumberdata yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan studi kasus denganmenggunakan metode pendekatan dekskriptif kualitatif. Sumber data yang dikumpulkan berasal dari data pencatatan laporan keuangan Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah tahun 2022. ISAK 35 merupakan acuan penyajian laporan keuangan berorientasi nonlaba yang diterbitkan oleh IAI pada tahun 2018. Acuan ini dibuat sebagai bentuk pemverdayan ekonomi di Indonesia yang diterapkan pada pondok pesantren yang telah berbadan yayasan, dimana telah terdapat pemisahan kekayaan antara pondok pesantren dengan pemilik yayasan. Hasil penelitian ini adalah pencatatan laporan keuangan pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah masih sederhana dan belum mengunakan siklus akuntansi. Sistem Pengelolaan Keuangan Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah sudah dapat dikatakan memenuhi standar yang berlaku. Serta laporan keuangan yang dibuat oleh Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah masih sederhana sehingga belum sesuai dengan ISAK 35 sehingga peneliti menyampaikan bentuk pencatatan laporankeuangan pada Yayasan Pendidikan Islam Madrasah Aliyah Islahul Amanah pada tahun 2022 yang sudah disesuaikan dengan ISAK 35.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ISAK 35; Laporan Keuangan; Sistem Pengelolaan; Penyajian; Kesesuaian; Yayasan Pendidikan;
Subjects: Accounting > Public Accounting
Accounting > Accounting for Specific Activities
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Risma Dwi Lestari
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:11
Last Modified: 30 Aug 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74348

Actions (login required)

View Item View Item