Nabila, Resti Caesariane (2023) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye : Analisis ilmu pendidikan Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh termuatnya nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam suatu karya sastra sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Namun penyampaian pendidikan dalam karya sastra tidak selalu disajikan secara langsung sehingga menyebabkan perlu adanya pengkajian nilai-nilai pendidikan tersebut. Dengan penelitian inilah dapat ditemukan nilai-nilai pendidikan di dalamnya. Diantara produk-produk sastra, novel menjadi salah satu produk yang paling banyak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Novel pada umumnya ditulis menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan menarik sehingga menyenangkan para pembacanya. Sebuah novel biasanya menceritakan atau menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui sinopsis novel Janji karya Tere Liye. (2) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye. (3) Untuk mengetahui analisis Ilmu Pendidikan Islam terhadap nilai-nilai pendidikan Agama Islam yang terkandung novel Janji Karya Tere Liye. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Sumber data primer yang digunakan yakni novel Janji karya Tere Liye dan buku lainnya ataupun jurnal sebagai sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan studi kepustakaan serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data adalah dengan menggunakan langkah-langkah berikut: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Novel ini mengisahkan tentang perjalanan tiga orang santri dalam menjalani hukuman dari pemimpin sekolah agama mereka yang akrab dipanggil Buya berupa misi pencarian seorang mantan santri bernama Bahar. Ketiga santri tersebut adalah Hasan, Baso dan Kaharuddin yang merupakan tiga serangkai. Dalam novel Janji karya Tere Liye terkadung nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dapat ditemukan dalam narasi maupun dialog yang melingkupi nilai-nilai pendidikan aqidah, ibadah dan akhlak. Nilai-nilai pendidikan aqidah meliputi iman kepada Allah, malaikat, kitab-kitab Allah, Rasul, hari akhir, dan qadha dan qadar. Nilai-nilai pendidikan ibadah, serta nilai-nilai pendidikan aqidah. Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terkandung dalam novel Janji karya Tere Liye dikaji berdasarkan analisis ilmu pendidikan Islam, yaitu dari segi nilai-nilai pendidikan baik nilai-nilai pendidikan aqidah, nilai-nilai pendidikan ibadah dan nilai-nilai pendidikan akhlak selaras dengan ajaran agama Islam serta ayat Al-Quran dan hadis nabi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai; Pendidikan; Islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Biography, Obituary > Education and Research of Biography |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam |
Depositing User: | Resti Caesariane Nabila |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 01:31 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 01:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74355 |
Actions (login required)
View Item |