Pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Jawami, Cileunyi Kabupaten Bandung

Ulhaq, Renata Dhiya (2023) Pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Jawami, Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan terkait pelaksanaan pembelajaran dalam kelas, metode yang biasa digunakan guru tersebut adalah ceramah. Metode ceramah yang terus menerus diterapkan kepada siswa, yang terjadi adalah jenuh dan bosan. Hal ini menyebabkan kurangnya motivasi untuk mengikuti pembelajaran, dan mempengaruhi pada hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Maka, penulis tertarik untuk melakukan penelitian pada Mata Pelajaran SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) yang dalam pelaksanaannya dengan menggunakan metode Team Quiz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses penerapan metode Team Quiz terhadap siswa kelas VIII MTs Al-Jawami pada mata pelajaran SKI. (2) Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Jawami setelah menggunakan metode Team Quiz pada mata pelajaran SKI. (3) Pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al-Jawami pada mata pelajaran SKI. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa metode Team Quiz merupakan salah satu metode pembelajaran aktif yang dapat membangkitkan siswa agar semangat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, hipotesis yang diajukan adalah Ho penggunaan metode Team Quiz tidak memengaruhi terhadap hasil belajar siswa yang signifikan. Ha Penggunaan metode Team Quiz memengaruhi terhadap hasil belajar siswa yang signifikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Bentuk desain quasi eksperimen yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Bentuk desain tersebut dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tanpa adanya proses acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian. (1) Proses penerapan metode Team Quiz pada kegiatan pembelajaran SKI berdasarkan pada perolehan hasil observasi dengan skor 98% membuktikan bahwa pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode Team Quiz, diketahui bahwa nilai posttest kelas eksperimen berada pada kategori baik yakni rata-rata nilai yang diperoleh 75,75 sementara kelas kontrol berada pada kategori cukup/sedang dengan rata-rata nilai 59,09. Dalam hal ini menunjukkan bahwa hasil akhir kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. (3) Pengaruh metode Team Quiz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dapat dibuktikan dengan taraf signifikansi 5% melalui uji independent sampel t test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pada rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Team Quiz.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode; Team Quiz; Hasil Belajar
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Renata Dhiya Ulhaq
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:09
Last Modified: 30 Aug 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74361

Actions (login required)

View Item View Item