Partisipasi mahasiswa dalam program kerja Komunitas Generasi Baru Indonesia di Kota Bandung: Studi kasus pada mahasiswa anggota Generasi Baru Indonesia Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Septiani, Restya Nur (2023) Partisipasi mahasiswa dalam program kerja Komunitas Generasi Baru Indonesia di Kota Bandung: Studi kasus pada mahasiswa anggota Generasi Baru Indonesia Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang juga anggota Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI), kurang antusias berpartisipasi dengan program kerja GenBI. Penelitian ini hendak mencari tahu apa penyebab hal tersebut. Dengan demikian pertanyaan dalam penelitian ini: bagaimana bentuk partisipasi mereka dalam program kerja GenBI, apa faktor yang mendorong dan faktor yang menghambat mereka dalam berpartisipasi serta apa saja dampak yang ditimbulkan dari partisipasi yang mereka berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi dari mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Tindakan sosial Max Weber menjelaskan bahwa tindakan sosial adalah “tindakan yang penuh arti” dari individu. Teorinya berfokus pada motif dan tujuan pelaku. Teori ini dibagi menjadi 4 bagian yaitu tindakan rasionalitas instrumental, tindakan rasionalitas nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun sumber data didapatkan dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer terdiri dari satu ketua umum komisariat dan tiga mahasiswa anggota GenBI FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari arsip data serta dokumentasi komunitas GenBI. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bentuk partisipasi mahasiswa anggota GenBI FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam program kerja komunitas dengan turut berpartisipasi pada perencanaan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan saat proses evaluasi program kerja. Faktor pendorong salah satunya adalah karena rasa tanggung jawab. Faktor penghambatnya karena akademik. Dampak partisipasi yang diberikan diantaranya adalah berpengaruh pada bidang ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: GenBI; Partisipasi Mahasiswa; Program Kerja
Subjects: General Organizations in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Communities
Communities > Specific Kinds of Communities
Communities > Urban Communities, Cities
Econmics
General Clubs
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Restya Nur Septiani
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:57
Last Modified: 04 Sep 2023 07:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74378

Actions (login required)

View Item View Item