Pengukuran kinerja keuangan menggunakan analisis Value For Money pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur

Meitharina, Adinda (2023) Pengukuran kinerja keuangan menggunakan analisis Value For Money pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DaftarIsi.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Keuangan daerah menjadi satu dari faktor terpenting dalam keberlangsungan otonomi daerah, namun walaupun menjadi faktor utama tetap ada point yang menjadi faktor lain yang berpengaruh dalam jalannya keuangan daerah, contohnya adalah sumber daya manusia, organisasi, manejemen, sarana, dan prasarana setra faktor faktor pendukung lainnya. Pentingnya faktor dari keuagan daerah ini berhubungan dengan dakta bahwa aktivitas pada sumber-sumber keuangan daerah ini dinilai sebagai hal yang paling esensial dalam pengelolaan pemerintahan daerah. Adanya pengelolaan dalam keuangan daerah bisa memberikan dampak yang besar terhadap kesejahteraan masyarakat diderah tersebut. Dalam penggunaan keuangan tersebut tentu haruslah ekonomi, efektif, efisien, transparan, serta bertanggung jawab, dimana salah satunya dilakukan menggunakan konsep value for money. Bedasarkan hal tersebut Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Selaku organisasi sektor publik, perlu melakukan pengukuran kinerja keuangan dengan konsep value for money untuk melihat apakah penggunaan keuangan sudah atau belum dalam mencapai ekonomi, efisien, dan efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengukuran kinerja keuangan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur yang dilihat dari indikator ekonomi, efisiensi dan efektivitas. Teori yang digunakan oleh peneliti adalah teori value for money yang dikemukakan oleh Mardiasmo (2019) dalam penelitian mengenai Kinerja Keuangan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur Tahun 2020 - 2021. Adapun Mardiasmo (2019) membagi konsep value for money ini menjadi dari tiga indikator, yakni Ekonomi, Efisiensi dan Efektivitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi (Sugiyono, 2019). Sedangkan teknik analisis data menurut Sugiyono (2015), menggunakan Reduksi Data, Menarik Kesimpulan dan verifiaksi, dan Penyajian Data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur kinerja keuangannya sudah cukup ekonomis, dimana menjadikan anggaran yang dimilikinya sebagai fungsi dalam pengendalian sehingga terlaksananya penghematan. Kemudian, kinerja keuangannya sudah efisien, karena telah menggunakan aplikasi SIMDA sebagai sarana pencatatan keuangan. Terakhir, menunjukkan kinerja keuangan yang efektif dengan tercapainya program atau kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Value for Money; Ekonomi; Efisiensi; Efektivitas.
Subjects: Financial Economics, Finance > Value of Money
Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Adinda Meitharina
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:55
Last Modified: 07 Sep 2023 08:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74395

Actions (login required)

View Item View Item