Efektivitas pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Unit Pelaksana Teknis pengelolaan sampah wilayah II Jonggol Kabupaten Bogor

Aryani, Devie (2023) Efektivitas pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup di Unit Pelaksana Teknis pengelolaan sampah wilayah II Jonggol Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Ketika jumlah populasi penduduk meningkat, maka akan semakin meningkat pula jumlah sampah-sampah yang akan dihasilkan. Apalagi di kota-kota besar, seperti kabupaten Bogor. Permasalahan pencemaran lingkungan tersebut berdampak pada pencemaran air, udara dan juga pencemaran tanah. Masalah yang diidentifikasi dalam penelitian ini adalah tidak efektifnya pengelolaan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sampah Wilayah II Jonggol Kabupaten Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui ketepatan sasaran program pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup di Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Sampah Wilayah II Jonggol, 2) Untuk mengetahui sosialisasi yang dilakukan, 3) Untuk mengetahui pencapaian tujuan program, 4) Untuk mengetahui pemantauan program pengelolaan sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Menurut Creswell diperlukan enam alur dalam teknik analisis data. Antara lain adalah a) mengolah data dan mempersiapkan data untuk dianalisis, b) membaca keseluruhan data, c) menganalisis lebih detail dengan meng-codding data, d) menerapkan proses codding untuk mendeskripsikan setting, orang-orang, kategori-kategori, dan tema-tema yang akan ditulis, e) menunjukan bagaimana deskripsi dan tema-tema ini akan disajikan kembali dalam narasi/laporan kualitatif, f) menginterpretasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, efektivitas program pengelolaan sampah ini, merujuk pada teori yang dikemukakan oleh Budiani sudah cukup baik. Keempat dimensi yaitu, dimensi ketepatan sasaran sudah baik, dimensi sosialisasi program dan tujuan program perlu adanya peningkatan. Lalu, dimensi pemantauan program sudah dapat dikatakan cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program; UPT Wilayah II Jonggol; Pengelolaan Sampah.
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Personal Health, Hygiene > Environmental Factor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Devie Aryani
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:34
Last Modified: 31 Aug 2023 07:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74398

Actions (login required)

View Item View Item