Perubahan sosial ekonomi Mmasyrakat sekitar Industri pengelola Sarang Burung Walet: Penelitian pada masyarakat di Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok Jawa Barat

Pratiwi, Allysha Shafa (2023) Perubahan sosial ekonomi Mmasyrakat sekitar Industri pengelola Sarang Burung Walet: Penelitian pada masyarakat di Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Berkembangnya zaman salah satunya ditandai dengan masuknya industri dalam kehidupan masyarakat. Masuknya industri ini menyebabkan terjadinya proses perubahan pada masyarakat baik kehidupan sosial maupun ekonomi. Proses perubahan ini diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat dari kondisi sebelumnya. Keberadaan industri pengelola sarang burung walet ditengah masyarakat menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan peluang ekonomi masyarakat sekitar industri tersebut. Perubahan ini tentu memberikan beberapa dampak, baik dampak positif maupun negatif bagi masyarakat sekitar industri. Penelitian ini menggunakan teori Evolusi Sosial dari Herbert Spencer. Dalam Teori Evolusi Sosial Herbert Spencer tersebut menyatakan bahwa masyarakat akan mengalami perubahan sosial berlangsung dalam waktu yang lama, yang berawal dari kelompok suku atau masyarakat yang masih sederhana dan homogen, kemudian secara bertahap menjadi kelompok suku atau masyarakat yang lebih maju, dan akhirnya menjadi masyarakat modern yang kompleks. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah data yang diperoleh langsung berdasarkan hasil wawancara dari informan. Sumber data sekunder bersumber dari kajian hasil pustaka. Teknik pengumpulan data terbagi menjadi tiga yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data terdiri dari; reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini, Peneliti mengkaji bagaimana kondisi sosial ekonomi masyarakat Kelurahan Meruyung sebelum adanya industri pengelola sarang burung walet, lalu bagaimana perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Kelurahan Meruyung setelah adanya industri pengelola sarang burung walet, dan bagaimana dampak yang timbul dari perubahan sosial ekonomi dengan keberdaaan industri pengelola sarang burung walet bagi masyarakat Kelurahan Meruyung. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa, masyarakat sekitar industri pengelola sarang burung walet di Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok Jawa Barat mengalami perubahan baik dari segi sosial maupun ekonomi. Perubahan sosial ekonomi yang terjadi berupa perubahan mata pencaharian, peningkatan peluang ekonomi atau pendapatan, perubahan tatanan lingkungan tempat tinggal masyarakat. perubahan tersebut memberikan dampak baik dampak positif maupun negatif seperti peningkatan kesejahteraan sosial, dan perubahan pada pola interaksi sosial akibat adanya industri pengelola sarang burung walet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Industri Pengelola Sarang Burung Walet; Dampak; Perubahan Sosial Ekonomi.
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Allysha Shafa Pratiwi
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:23
Last Modified: 31 Aug 2023 04:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74434

Actions (login required)

View Item View Item