Tanggung jawab terhadap potensi Sama', Bashar dan Fuad dalam Al-Quran : Kajian tafsir Tematik

Alifah, Fany Ilmi Alifah (2023) Tanggung jawab terhadap potensi Sama', Bashar dan Fuad dalam Al-Quran : Kajian tafsir Tematik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Fany Ilmi Alifah, ”Tanggung Jawab Terhadap Potensi Sama’, Baṣar dan Fuad (Kajian Tafsir Tematik)” Skripsi, Program Studi Ilmu Al-Qur’ān dan Tafsir, Fakultas Uṣhuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 2023. Penelitian ini berangkat dari anugerah serta kenikmatan yang Allah SWT berikan kepada manusia berupa penglihatan, pendengaran serta hati, yang menjadikan manusia tersebut sebaik-baiknya ciptaan-Nya dengan maksud agar bersyukur terhadap potensi yang diberikan Allah dengan memanfaatkan potensi tersebut sesuai dengan tujuan penciptaan. Namun, kebanyakan manusia tidak menyadari dan tidak bersyukur atas potensi yang Allah SWT berikan. Maka muncul pertanyaan,bagaimana makna sama’, baṣar dan fuad, untuk apa Allah memberikan potensi sama’, baṣar dan fuad dan bagaimana konsekuensi yang diterima manusia jika tidak memanfaatkan sama’, baṣar dan fuad. Bertujuan untuk mengetahui penafsiran terhadap kata sama’, baṣar dan fuad dalam al-Qur’ān, kemudian tujuan Allah dalam memberi potensi kata sama’, baṣar dan fuad dan konsekuensi yang diterima manusia jika tidak memanfaatkan potensinya melalui metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitik dan metode penafsiran tematik. Pada penelitian ini, penulis mengumpulkan ayat al-Qur’ān yang berkenaan dengan kata sama’, baṣar dan fuad yang disusun berdasarkan keterkaitan ayat dengan menganalisis sumber-sumber tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kata sama’ memiliki makna pendengaran yang menjadi perantara antara manusia dengan dunia luar dan menjadi gerbang awal dari ilmu pengetahuan. Sedangkan kata baṣar memiliki makna penglihatan yakni potensi untuk melihat atau menggambarkan sesuatu dan fuad memiliki makna akal atau hati yang mana menjadi pusat dalam mengelola ilmu pengetahuan. Adapun tujuan Allah memberikan potensi sama’, baṣar dan fuad, agar manusia bersyukur dan beribadah kepada Allah. Hal ini harus dilakukan manusia karena setiap perbuatan manusia akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat dan apabila manusia keluar dari koridor perintah Allah, maka ia akan mendapatkan konsekuensi berupa ditutupnya semua potensi dari kebaikan dan kebenaran serta manusia akan dimasukkan ke neraka dan disiksa dengan siksaan yang berlipat ganda. Kata Kunci: Tanggung jawab, Sama’, Baṣar, Fuad, Tafsir Tematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggung jawab; Sama’; Baṣar; Fuad; Tafsir Tematik
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Fany Ilmi Alifah
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:07
Last Modified: 01 Sep 2023 04:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74467

Actions (login required)

View Item View Item