Jual beli sampah dengan sistem menabung pada bank sampah Al-Huda ditinjau dari hukum ekonomi syariah: Studi kasus bank sampah Al-Huda Kecamatan Rancah-Kabupaten Ciamis

Alfarizi, Ivan Muhammad (2023) Jual beli sampah dengan sistem menabung pada bank sampah Al-Huda ditinjau dari hukum ekonomi syariah: Studi kasus bank sampah Al-Huda Kecamatan Rancah-Kabupaten Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan salah satu masalah besar yang ada dalam masyarakat, setiap hari masyarakat menghasilkan sampah. Maka dari itu, masyarakat terkadang mengeluhkan masalah tersebut, sebab kadang kala masyarakat terganggu akibat dari bau sampah yang berserakan dan diikuti dengan berbagai macam penyakit yang ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah di bank sampah Al-Huda Kecamatan Rancah dengan sistem menabung dan tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap transaksi jual beli sampah dengan sistem menabung di bank sampah Al-Huda Kecamatan Rancah. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini salah satunya didasarkan pada Al-Qur’an surah An-Nisa [4]: 58, Hadits Nabi Muhammad SAW riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi yang dishahihkan oleh syekh Al-Albani dalam Al-Irwaa’ 5/ 381, dan kaidah fiqh yang berbunyi: اَلْأَصْلُ فِيْ الْمُعَامَلَاتِ الْإِبَاحَة إِلَّا أَنْ يَدُلَّ دَلِيْلٌ عَلَىْ تَحْرِيْمِهَا Artinya: “Pada dasarnya, semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya.” Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif analitis. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Sistem pengelolaan sampah di bank sampah Al-Huda merujuk kepada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. 14 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah. Dengan tahapan sebagai berikut: pemilahan sampah oleh nasabah, penyetoran sampah ke bank sampah, penarikan sampah ke bank sampah, pemilahan sesuai jenis, penimbangan, pencatatan, penampungan/ penyimpanan, penjualan kembali ke bank sampah induk Ciamis, dan pemanfaatan kembali sampah/ pengomposan sampah. 2) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap transaksi jual beli sampah dengan sistem menabung pada bank sampah Al-Huda menggunakan akad wadi’ah yad adh-dhamanah, yang terdiri dari objek yang dititipkan (barang yang dititipkan), pemilik barang/ penitip (muwadi’), pihak yang menyimpan/ bank sampah (mustauda’) dan ijab qabul/ kata sepakat (sighat) sehingga syarat dan rukun akad wadi’ah yad adh-dhamanah sudah terpenuhi sesuai dengan ketentuan dalam hukum ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah; Sampah; Bank; Akad Wadiah; Hukum Ekonomi Syariah; Jual Beli
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Commerce, Trade
Environmental Protection Engineering
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ivan Muhammad Alfarizi
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:03
Last Modified: 01 Sep 2023 08:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74476

Actions (login required)

View Item View Item