Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis P5-PPRA pada materi keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam

Farida, Mia (2023) Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis P5-PPRA pada materi keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis P5-PPRA sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah rancangan LKPD, validitas, dan keterbacaan LKPD berbasis P5-PPRA dalam materi keanekaragaman makhluk hidup, interaksi, dan peranannya di alam. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan tahapan define, design, dan develop (3D). Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Kota Bandung. Data dikumpulkan menggunakan angket (lembar validasi dan lembar keterbacaan peserta didik), serta wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian terdiri dari tiga orang validator ahli dan 10 orang peserta didik kelas X IPA atau fase E. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 70%, hasil uji validasi ahli media sebesar 74% dan validasi guru mata pelajaran biologi 84%. Secara keseluruhan hasil uji validasi yaitu 76% dinyatakan layak. Hasil uji keterbacaan keseluruhan LKPD oleh peserta didik yaitu 3,2 dinyatakan baik. Berdasarkan uji validitas dan uji keterbacaan LKPD berbasis P5-PPRA pada materi keanekaragaman makhluk hidup, interaksi dan peranannya di alam layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keanekaragaman Makhluk Hidup; LKPD; Pengembangan; P5-PPRA;
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mia Farida
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:09
Last Modified: 01 Sep 2023 01:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74484

Actions (login required)

View Item View Item