Kurniawan, Rizka (2023) Pengaruh media Edpuzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem Imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran yang terbatas dan kurang menarik menjadikan siswa cenderung bosan dan tidak memiliki motivasi dalam belajar sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar terutama pada ranah kognitif. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media edpuzzle terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian dipilih melalui non-equevalent control group design. Hasil penelitian berupa nilai rata-rata posttest hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 80,94 lebih besar daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 72,81. Nilai N-Gain hasil belajar siswa pada kelas kontrol 0,12 sedangkan kelas eksperimen mencapai 0,15 menunjukan keberhasilan proses pembelajaran memalui media audio visual berbantu edpuzzle. perolehan skor tertinggi pada kedua kelas yaitu indikator C2 (memahami) pada kelas kontrol nilai N-Gain 0,57 sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen lebih besar yaitu 0,76. Hal tersebut terjadi karena adanya perlakuan pembelajaran dengan menggunakan edpuzzle yang mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi lebih jelas. Hasil uji-t di peroleh nilai sig,two-sided p sebesar 0,001<0,05 (H0 diterima), artinya perlakuan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem imun.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edpuzzle; Hasil Belajar; Sistem Imun; Siswa |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rizka Kurniawan |
Date Deposited: | 01 Sep 2023 07:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2023 07:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74515 |
Actions (login required)
View Item |