Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Informasi dan Pendidikan terhadap tingkat pemahaman masyarakat pada produk Perbankan Syariah : Studi di Desa Pasirwaru Kecamatan Blubur Limbangan Garut

Azizah, Sofiyani Nurul (2023) Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, Informasi dan Pendidikan terhadap tingkat pemahaman masyarakat pada produk Perbankan Syariah : Studi di Desa Pasirwaru Kecamatan Blubur Limbangan Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat Desa Pasirwaru Kecamatan Blubur Limbangan Kabupaten Garut mayoritas penduduknya beragama Islam, seharusnya sebagai penganut agama Islam yang baik melakukan aktivitas juga harus sesuai dengan prinsip Islam termasuk dalam aktivitas ekonomi seperti Perbankan. Namun masih banyaknya masyarakat yang tidak menggunakan produk perbankan syariah karena tingkat pemahaman terhadap produk bank syariah kurang. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kurangnya tingkat pemahaman masyarakat adalah faktor pengetahuan, lingkungan sosial, informasi dan pendidikan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lingkungan sosial, informasi dan pendidikan terhadap tingkat pemahaman masyarakat tentang produk perbankan syariah baik secara parsial maupun simultan. Pengetahuan merupakan hasil tahu manusia terhadap sesuatu. Lingkungan sosial dapat berpengaruh terhadap proses masuknya informasi dan pengetahuan individu yang berada dalam lingkungan tersebut. Informasi merupakan data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna. Tingkat pendidikan turut menentukan mudah tidaknya seseorang menyerap dan memahami informasi yang diterima yang kemudian menjadi dipahami artinya seeorang yang telah mendapat informasi mampu memahami dan mampu menerangkan kembali apa yang telah diterima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pasirwaru Kec. Bl. Limbangan Kab. Garut. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Pasirwaru dengan sampel sebanyak 386 orang responden menggunakan teori Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada masyarakat dan studi pustaka. Analisis statistik yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F dan uji koefisien determinasi. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan bantuan Stata versi 17, hasil uji t variabel pengetahuan (X1), lingkungan sosial (X2), informasi (X3) dan pendidikan (X4) secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman masyarakat tentang produk perbankan syariah (Y). Dan hasil uji F secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman masyarakat tentang produk perbankan syariah (Y). Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,7432. Artinya tingkat pemahaman dipengaruhi oleh pengetahuan, lingkungan sosial, informasi dan pendidikan sebesar 74,32% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Informasi; Lingkungan; Pengetahuan; Pemahaman; Perbankan
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Sofiyani Nurul Azizah
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:46
Last Modified: 01 Sep 2023 03:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74589

Actions (login required)

View Item View Item