Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Pelayanan yang mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah : Studi kasus masyarakat Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat

Roudhoh, Sani (2023) Pengaruh Pengetahuan, Promosi dan Pelayanan yang mempengaruhi minat menabung di Bank Syariah : Studi kasus masyarakat Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berjalannya waktu perkembangan lembaga keuangan di Indonesia dapat terbilang cukup pesat. Menurut data OJK (Otoritas Jasa Keuangan) menunjukkan bahwa pada lembaga keuangan Perbankan Syariah tumbuh sekitar 40,68% pada tahun 2022. Sementara sudah diketahui bersama bahwa bank konvesional menganut sistem bunga, sistem bunga adalah termasuk yang diharamkan karena bunga dikategorikan sebagai riba, sedangkan Perbankan Syariah menggunakan sistem bagi hasil. Minat menabung diasumsikan sebagai minat beli merupakan perilaku yang muncul sebagai respon terhadap objek yang menunjukkan keinginan pelanggan untuk melakukan pembelian. Dalam upaya menarik nasabah, Bank Syariah harus meneliti atau mencari tahu pengaruh minat menabung yang mempengaruhi masyarakat yang tertarik dengan Bank Syariah atau sebaliknya agar menjadi bahan evaluasi untuk setiap lembaga Bank Syariah yang bertujuan untuk mempertahankan lembaga keuangan tersebut. Terdapat beberapa pengaruh yang mempengaruhi minat menabung, seperti yaitu pengetahuan, promosi dan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh apa yang mempengaruhi minat menabung masyarakat Cimareme, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat baik secara parsial dan simultan. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan regresi logistik biner, data yang didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner dengan sampel yang telah ditentukan yaitu sebesar 348 responden. Dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji analisis regresi logistik biner, uji kelayakan model regresi (goodness of fit test), uji keseluruhan model (overall model fit), uji ketepatan klasifikasi, uji hipotesis secara parsial dan secara simultan.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pengetahuan bernilai positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0.053 artinya Ha ditolak Ho diterima. Pada variabel promosi bernilai positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0.000 artinya Ha diterima Ho ditolak. Pada variabel pelayanan bernilai negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung dengan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0.090 artinya Ha ditolak Ho diterima

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Minat; Menabung; Pengetahuan; Promosi; Pelayanan
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Sani Roudhoh
Date Deposited: 01 Sep 2023 04:01
Last Modified: 01 Sep 2023 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74591

Actions (login required)

View Item View Item