Pendayagunaan zakat produktif bidang peternakan dalam meningkatkan pendapatan mustahik: Studi Rumah Zakat bidang peternakan Desa Puteran Kecamatan Cikalong Wetan

Nurarofah, Nanda Ilfa (2023) Pendayagunaan zakat produktif bidang peternakan dalam meningkatkan pendapatan mustahik: Studi Rumah Zakat bidang peternakan Desa Puteran Kecamatan Cikalong Wetan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Rumah zakat dibentuk untuk berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat yang salah satunya dalam bentuk program pendayagunaan zakat atau yang lebih dikenal dengan zakat produktif. Pengelolaan zakat produktif untuk meningkatkan ekonomi mustahik diharapkan mampu menjadi solusi terhadap masalah kemiskinan dan masalah ekonomi mustahik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pendayagunaan zakat produktif (bidang peternakan) di Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan dan Bagaimana peningkatan pendapatan mustahik penerima zakat produktif (bidang peternakan) di Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan. Tujuan pada penelitian ini Mengetahui pendayagunaan zakat produktif (bidang peternakan) di Desa Puteran Kecamatan Cikalong Wetan. Untuk mengetahui peningkatan pendapatan mustahik penerima zakat produktif (bidang peternakan) di Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu bertujuan untuk memperoleh gambaran lengkap tentang objek penelitian yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Setelah pengumpulan data selesai, langkah selanjutnya adalah menganalisis data dengan tahapan induksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan pendapatan mustahik dan mereka mampu mengembangkan hewan ternaknya hingga belasan hingga puluhan ekor. Program pendayagunaan zakat produktif ini memberikan dampak yang sangat baik dalam peningkatan pendapatan mustahik. Tidak hanya itu, mustahik juga mendapat ilmu serta wawasan yang luas. Peternak domba merupakan program yang memberikan perubahan peningkatan pendapatan terbersar sehingga diminati banyak mustahik, peternakan domba juga merupakan bidang pertama sebelum peternakan lain terbentuk, sehingga bidang peternakan domba telah lebih maju dan menghasilkan perubahan pada mustahik terdahulu yang kini telah menjadi muzakki. Program peternakan yang belum maksimal terdapat para peternak ayam dengan peminat yang paling sedikit dan pendapatan terendah dari peternak lainnya. Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi mustahik dalam pemeliharaan hewan ternaknya, namun pengurus rumah zakat selalu membantu mengatasi permasalah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bidang Peternakan; Mustahik; Pendapatan; Pendayagunaan; Zakat Produktif
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Animal Husbandry
Animal Husbandry > Education, Research, Related Topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nanda Ilfa Nurarofah
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:24
Last Modified: 06 Sep 2023 05:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74601

Actions (login required)

View Item View Item