Strategi dakwah lingkungan pada Program Citarum Harum Sektor 9: Studi kasus dengan pendekatan komunikasi persuasif dalam penataan dan normalisasi Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat

Sasmita, Sri Ramadani Intan (2023) Strategi dakwah lingkungan pada Program Citarum Harum Sektor 9: Studi kasus dengan pendekatan komunikasi persuasif dalam penataan dan normalisasi Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sri Ramadani Intan Sasmita¸ Strategi Dakwah Lingkungan Pada Program Citarum Harum (Studi Kasus Penataan Waduk Saguling Sektor 9 Citarum Harum di Kab Bandung Barat) Menjaga hubungan dengan lingkungan dan sesama makhluk Allah merupakan hal penting dan telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam QS. Ar-Rum ayat 41. Berbagai cara telah dilakukan dalam upaya normalisasi sungai Citarum. Program Citarum Harum diharapkan bisa memberi angin segar serta oase untuk keberlangsungan kelestarian ekosistem dan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah lingkungan pada program Citarum harum sektor 9. Serta pendekatan komunikasi persuasif yang dipakai dalam proses penataan dan normalisasi waduk saguling. Tahapan membangun pemahaman masyarakat yang dijalankan dalam menunjang penataan dan normalisasi waduk saguling sektor 9 Citarum harum, Tahapan memelihara pemahaman masyarakat yang dijalankan dalam menunjang penataan dan normalisasi waduk saguling sektor 9 Citarum harum, Proses mengubah kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang dijalankan dalam menunjang penataan dan normalisasi waduk saguling sektor 9 citarum harum. Teori yang dipakai adalah teori konvensional dan interaksional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan paradigma Epistemologi. Metode studi kasus sangat sesuai untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis studi kasus eksploratori, bertujuan menjawab pertanyaan “apa” dan juga “siapa” mengenai Strategi Dakwah Lingkungan Pada Program Citarum Harum di Sektor 9. Bentuk penelitian studi kasus yang dipakai pada penelitian ini adalah studi kasus instrumental tunggal (single instrumental case study). Penelitian dilakukan di posko Citarum Harum sektor 9, yang beralamat di Kp Neglasari, Desa Galanggang, Kec Batujajar, Kab Bandung Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Bertindak selaku informan kunci adalah komandan sektor (dansektor), dan informan pendukung adalah penggiat lingkungan yang juga founder Bening Saguling. Komunikasi persuasif yang digunakan berupa teknik tataan (icing technique). Metode dakwah yang digunakan berupa Dakwah Khitobah (Dakwah bil lisan) dan Dakwah Kitabah (Dakwah melalui tulisan).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Lingkungan; Normalisasi Waduk; Komunikasi Persuasif;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Islam
Communications Telemunications
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: M.Sos Sri Ramadani Intan Sasmita
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:13
Last Modified: 01 Sep 2023 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74612

Actions (login required)

View Item View Item